Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono

Sumarsono Sebut Paslon Pilkada Sulsel Dewasa Dalam Berpolitik

Selasa, 10 Juli 2018 | 11:07 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com — Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono mengatakan untuk pemilihan Pilkada Serentak di Sulawesi Selatan dalam semua tingkatan hampir tidak ada masalah. Selain itu, para pasangan calon (Paslon) penuh kedewasaan dalam berpolitik.

“Dan sangat penuh kedewasaan politik dan mereka sudah saling menyapa bahkan sudah saling menyampaikan ucapan selamat antar Paslon,” kata Sumarsono.

pt-vale-indonesia

Hal itu Ia sampaikan usai melakukan pelantikan Penjabat Wali Kota Palopo Andi Arwien Azis di Lapangan Pancasila, Senin (9/7).

Ia juga berharap hal ini juga akan diikuti oleh para tim sukses dan para pendukung Paslon. Bahwa terpilihnya Paslon dalam Pilkada ini menjadi kemenangan rakyat Sulsel.

“Karena itu mari kita akhiri proses kampanye, akhiri proses perbedaan. Mari kita sama-sama maju tanpa harus melihat lagi yang kemarin pilih apa,” sebutnya.

Yang jelas sekarang masyarakat di Sulsel telah memiliki pemimpin bersama wakilnya tentunya.

“Itu adalah pemimpin kita untuk lima tahun ke depan. Jadi saya kira mari kita bangun semangat kekeluargaan dan kebersamaaan sebagaimana nilai tata atau budaya Sulsel,” ujarnya.

Melalui nilai sipakaianga (saling mengingatkan), sipakalebbi (memanusiakan sesama manusia), sipakainge (merupakan sifat saling mengingatkan) dan sipatokkong  (juga bisa diartikan saling membantu).

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Pilkada Sulsel) di 24 Kabupaten/Kota, Minggu (8/7) hingga Senin (9/7).

Pasangan calon (paslon) nomor urut 3 Prof Nurdin Abdullah-Andi Surdirman Sulaiman (Prof Andalan) memperoleh suara sebanyak 1.867.303 suara.

Pasangan nomor urut 1 Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) memperoleh suara sebanyak 1.162.751 suara. Pasangan nomor urut 4 Ichsan Yasin Limpo-Andi Muzakkar (IYL-Cakka) memperoleh suara sebanyak 807.330 suara.

Sementara, pasangan nomor urut 2 Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo memperoleh suara sebanyak 419.055 suara.(*)


BACA JUGA