Teater Kampus Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar (Terkam FSD UNM)

Teater Kampus FSD UNM Rayakan Milad dengan Pagelaran Maha Karya

Rabu, 11 Juli 2018 | 22:53 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Irwan AR - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com — Teater Kampus Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar (Terkam FSD UNM) akan menyelenggarakan “Milad ke-37 & Reuni Akbar” dengan mengusung tema “Mata Air Kenangan – Mata Air Kehiduapan” pada tanggal 20 – 21 Juli 2018 di Fort Rotterdam Makassar.

Kegiatan yang didukung oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemerintah Kota Makassar ini, menurut Ketua Panitia Ibnu Habib Putera M, bertujuan untuk membangun ingatan kolektif, sebagai jembatan waktu yang lalu, kini dan yang akan datang.

pt-vale-indonesia

“Selain itu, juga untuk menjalin kerjasama dan hubungan kekerabatan antar lembaga dan pekerja seni serta publik,” ujar Ibnu lewat rilis yang disampaikan.

Menurut Kurator Program Asia Ramli Prapanca, berbagai bentuk kegiatan yang akan diselenggarakan, meliputi: Produksi Pengetahuan, antara lain: Penerbitan buku Antologi Naskah Drama Terkam FSD UNM, Dialog Kebudayaan dan Kesenian, dan Orasi Kebudayaan. Produksi Artistik, antara lain: Instalasi Seni Rupa Pertunjukan, Pemutaran Film Pendek, dan Pertunjukan Seni (Teater, Tari, Musik, Pembacaan Puisi, Visualisasi Puisi, Musikalisasi Puisi.

“Juga ada pameran seperti pameran dan penjualan Buku, pameran Literasi, pameran arsip, pameran kendaraan antik, pameran dan penjualan puliner (Food Court),” ujar Ram Prapanca.

Riyan Hidayat, selaku Koordinator Booth, menggambarkan bahwa di setiap halaman dalam Fort Rotterdam akan dipasang 40 buah booth dan akan diisi oleh Penjualan Kuliner (Food Court) dan 10 buah booth akan diisi oleh Pameran dan Penjualan Buku, Pameran Literasi, dan Pameran Arsip.

Sedang Bambang Suhamdani selaku Stage Manager menjelaskan, bahwa Panggung dengan latar Screen Film LID akan diisi dengan berbagai pertunjukan, Pada hari pertama, 20 Juli mulai pukul 19.30, antara lain Pemutaran Film Autobiografi Terkam oleh Muhajir, Orasi Kebudayaan oleh Karta Jayadi, Pertunjukan “Mata Air Kenangan – Mata Air Kehidupan” Dramaturg Asia Ramli Prapanca, Art Director Ridwan Aco, Artistk Askar, Pertunjukan Musik BCP oleh Arifin Manggau, Pertunjukan Tari “Mozaik” Koreografer Nurlina Syahrir (Dekan FSD UNM), Pertunjukan Dongeng “Nenek Pakande” oleh Faisal Yunus, Pertunjukan “Perempuan pada Bagang” Koreografer Ridwan Aco, Pertunjukan Musikalisasi Puisi oleh Muh. Ishaq, Pertunjukan Musik oleh Imran Rauf. Pada hari kedua mulai pukul 17.00 akan memutar film-film Pendek oleh sineas muda. Lalu mulai pukul 19.30, antara lain: Pertunjukan Musik oleh Makassar Rumble, Pertunjukan Teater “Mata Air Ibu” Sutaradara Alif Anggara, Pertunjukan Musik “Benih Menjadi Bangkai” oleh Muh. Goni dan Nasrano Tri Kurniawan, Pertunjukan Teater Multimedia “Rel – Axa – Ion” Sutradara Muhajir, Pertunjukan “Kelong” oleh Chaeruddin Hakim dan Armiati, Pertunjukan Musikalisasi “Bebaskan” oleh Waris Sutrisno.(*)


BACA JUGA