Museum Balla Lompoa di Kabupaten Gowa

Tak Ingin Kecewakan Wisatawan, Dispar Gowa Akan Benahi Infrastruktur Pariwisata dan SDM 

Kamis, 12 Juli 2018 | 15:28 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Sebagai destinasi wisata sejarah di Kabupaten Gowa, Museum Balla Lompoa kini sudah dikenal di berbagai wilayah di Indonesia, dan bagi para turis Mancanegara.

Upaya Pemerintah Setempat dalam hal ini Dinas Pariwisata Kabupaten Gowa untuk membenahi kawasan tersebut terus dilakukan.

pt-vale-indonesia

Terkait perbaikan infrastruktur dikawasan Museum Balla Lompoa juga digadang-gadang akan terus dilakukan perbaikan.

Upaya perbaikan infrastruktur demi kenyamanan wisatawan ini dikatakan Sekretaris Dinas Pariwisata, Ratnawati Taufik sebagai wujud pelestarian.

“Upaya kita itu sedikit banyak ada usaha untuk memperbaiki infrastrukturnya seperti parkiran mungkin, kemudian sarana dan prasarana yang mendukung seperti toiletnya, dan masih banyak lagi yang tentunya akan membuat wisatawan menjadi nyaman,” jelasnya, Kamis (12/7/2018).

Tak hanya itu, Ratna juga mengungkapkan, pembenahan pada Sumber Daya Manusia juga tak kalah pentingnya.

SDM yang ada perlu dilatih, agar memiliki kemampuan untuk menjelaskan tentang sejarah yang pernah terjadi, utamanya tentang Museum Balla Lompoa.

“Saya pikir untuk saat ini Sumber Daya Manusia belum memadai ya, karena saat ini kita cuma punya satu Guide, kemudian tidak ada kader atau penurunan ilmu dari guide tersebut kepada penerus, seperti itu,” tutur Ratna.

Ratna juga menuturkan untuk kedepan, harapannya harusnya ada para pegawai dari Dispar Gowa sendiri yang mampu menyerap ilmu tersebut dan mampu memperkenalkan Gowa kepada khalayak luas.(*)


BACA JUGA