Ini Pesan Menteri Kesehatan RI Bagi Calon Jamaah Haji

Selasa, 17 Juli 2018 | 22:22 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com– Kelompok Pertama (Kloter) I Calon Jamaah Haji (CJH) Embarkasi Makassar akan diberangkatkan hari ini, melalui Bandara Sultan Hasanuddin,Selasa (17/7/2018), sekitar pukul 16.00 Wita. Sebelum pemberangakatan dilakukan acara pelepasan di Aula Mina, Asrama Haji Sudiang. 
 
Turut hadir dalam acara pelepasan ini Staf ahli Kementerian kesehatan, dr Pattisellano Robert Johan yang mewakili Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek. Dirinya memberikan beberapa pesan utamanya soal kesehatan bagi 450 CJH asal Makassar ini. 
 
Pattisellano meminta jamaah menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji di Arab Saudi. Dan melakukan koordinasi atau menghubungi petugas kesehatan terdekat terutama yang ada di dalam kloter jika mengalami gangguan kesehatan. 
 
“Di setiap kota atau tempat kota siapkan pos kesehatan, silahkan melapor jika mengalami gangguan kesehatan. Kedua, selama penerbangan gunakan untuk beristirahat di pesawat,” katanya. 
 
Selain itu, jamaah diminta untuk menyiapkan obat-obatan di tas kecil agar lebih mudah mengambilnya saat dibutuhkan. Termasuk menyiapkan air mineral dan makanan ringan. Ini untuk mengantisipasi kelaparan atau haus saat harus mengantri lama. 
 
Selama di Arab Saudi, ada beberapa yang harus diperhatikan jamaah. Seperti tidak melakukan aktivitas yang berlebihan diluar kegiatan ibadah haji, memakai masker atau penutup kepala saat beraktivitas di luar ruangan. 
 
“Kalau bisa perbanyak minum air putih atau air zam zam untuk menghindari dehidrasi, apalagi suhu di sana sampai 50 derajat. Kalau bisa selalu semprot kan air, kami sudah siapkan botol penyemprot agar panas tubuh bisa terjaga,” ungkapnya. 
 
Agar terhindar dari penyakit menular, jamaah diminta untuk selalu mencuci tangan sebelum makan. Serta menjaga asuhan makanan yang bergizi dan sehat. (*) 

 


BACA JUGA