Pengamat Politik UIN Alauddin Makassar, Syahrir Kariem
#

Pileg 2019 Didominasi Figur Muda, Pengamat Sebut Peluang Menang Terbuka

Jumat, 20 Juli 2018 | 18:50 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Pesta politik pencarian wakil rakyat tahun depan cenderung didominasi oleh figur-figur muda. Hal ini tercermin dari Daftar Caleng Sementara (DCS) yang didaftarkan oleh sejumlah partai politik ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Baik itu di tingkat DPR RI dan DPRD Provinsi. Tapi khusus di Sulsel, figur muda ini terlihat banyak di tingkat Kabupaten/Kota.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Syahrier Kariem mengatakan, figur muda memang memiliki peluang untuk memperebutkan kursi parlemen, tergantung bagaimana strategi yang digunakan masing-masing.

“Peluang Anak muda sebenarnya sangat tergantung bgaimana strategi politik yang dimiliki, khususnya dalam mengalahkan petahana dan tokoh-tokoh yang ada di Dapilnya. Pemilih milenial misalnya bisa dirangkul kaum muda ini. Peluang anak muda saya kira terbuka,” kata Syahrir, Jumat (20/7/2018).

Dijelaskan lebih jauh, jika mengandalkan pemilih millenial, maka kandidat yang bersangkutan harus mengurai cara merangkul pemilih pemuda dan pemula.

“Mereka mesti mampu mengurai cara merangkul kaum milenial. Tahu kebutuhan dan kecenderungan perilaku pemilih milinenial,” ucapnya.

“Tentu juga kaum muda juga mesti memberi kesan integritas yang bagus, potensi dan prestasi yang bisa dijual,” imbuhnya.(*)


BACA JUGA