Advokat muda, Khaeril Jalil/Ist

Mengenal Lebih Dekat Advokat Khaeril Jalil, Teman Berjuang Bagi Masyakarat Kecil

Senin, 24 Januari 2022 | 14:54 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Namanya Khaeril Jalil. Ia adalah seorang advokat muda asal Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa yang lebih banyak menghabiskan waktu bersama masyarakat.

Interaksi sosialnya begitu dikenal. Khususnya di kalangan masyakarat kecil, Khaeril Jalil sering kali membantu mereka dalam persoalan hukum.

Hal itu sudah sedari dulu dilakukannya sebelum menjadi advokat. Ia dulunya merupakan salah satu aktivis antikorupsi dan membentuk Lembaga Swadaya Masyakarat (LSM) KAPAK.

“Kebetulan waktu saya masih aktif di dunia LSM sebelumnya, saya sering melakukan pendampingan hukum kepada masyarakat secara non litigasi atau di luar Pengadilan. Nah di situlah yang melatarbelakangi saya agar bisa jadi Pengacara supaya bisa mendampingi masyarakat sampai masuk di meja Pengadilan,” ungkap Khaeril, Senin (24/01/2022)

Baginya, mengulurkan tangan ke masyarakat kecil adalah sebuah keharusan. Bantuan hukum itu mesti diberikan tanpa memikirkan finansial mereka.

“Miris melihat potret hukum saat ini. Karena kadang hukum bersifat tumpul ke atas, tajam kebawah. Sehingga kami hadir untuk menegakkan keadilan tanpa pandang bulu sesuai dengan Asas Hukum “Fiat Justitia Ruat Caelum”,” lanjutnya.

Membantu masyakarat kecil yang tidak mampu, kata dia, tertuang jelas dalam Undang-undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat. Hal tersebut kemudian selalu dipegang teguhnya.

Bahkan, ia telah membuka kantor advokat yang baru-baru ini diresmikan di Jalan Basoi Daeng Bunga, Kecamatan Somba Opu, Gowa pada Kamis (20/01/2022) lalu. Dengan tujuan memberikan bantuan hukum ke masyakarat kecil.

“Sehingga kita ini memberikan bantuan hukum ke masyarakat tidak mampu. Dan itu kewajiban dalam dunia advokat,” lanjut Mantan Pengurus KNPI Gowa ini.

Sudah hampir 10 tahun sebagai advokat, ia mengaku awalnya tidak terpikirkan untuk meniti karir tersebut. Ia baru sadar setelah sering membantu masyakarat kecil.

“Tidak pernah saya niat dari dulu untuk jadi advokat. Mungkin karena saya kemarin-kemarin biasa tangani masalah hukum juga waktu LSM,” ucapnya.

“Makanya saya ambil pendidikan sarjana hukum. Jadi saya juga bisa membantu mereka yang tidak mampu mendapatkan keadilan saat tersangkut proses hukum,” tutup Khaeril.

Profil
Nama : Khaeril Jalil, SH, MH
Tempat/Tanggal Lahir : Biak, 20 Januari 1990
Pendidikan : S1 Hukum UIT Makassar
S2 Magister Hukum UIT Makassar

Pengalaman Organisasi :
1. Ketua LSM-KAPAK SULSEL (2015 – sekarang)
2. Sekretaris Laskar Merah Putih Macab Gowa (2018-2023)
3. Pengurus KNPI Gowa (2018-2021)
4. Wakil Ketua Bidang Hukum, Advokasi dan Mediasi DPC KADIN Kab. Gowa (2021-2026)
5. Wakil Direktur LBH Bintang Keadilan (2016 – sekarang)
6. Wakil Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga DPC Peradi Gowa (2022-2027). (*)

Khaeril Jalil saat memberikan bantuan hukum ke masyakarat/Ist

Khaeril Jalil membuka kantor advokat baru di Jalan Basoi Daeng Bunga, Kecamatan Somba Opu, Gowa pada Kamis (20/01/2022) lalu/Ist


IMG_5586
Khaeril Jalil membuka kantor advokat baru di Jalan Basoi Daeng Bunga, Kecamatan Somba Opu, Gowa pada Kamis (20/01/2022) lalu/Ist
462faee2-ded0-4272-929d-c31d71bef3ba
Khaeril Jalil saat memberikan bantuan hukum ke masyakarat/Ist

LIHAT JUGA