Bersama RPG, Sekretaris Bapenda Sulsel Sosialisasi Pajak Kendaraan Bermotor

Sabtu, 21 Juli 2018 | 11:20 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Makassar,Gosulsel.com – Unit Pelaksana Teknis Pendapatan (UPT) Wilayah Makassar I Selatan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulsel kembali menggelar sosialisasi pajak daerah di Hotel Arthama Jalan Haji Bau Makassar, Sabtu (21/7/2018).

Mewakili Kepala Bapenda Sulsel, Sekretaris Bapenda Sulsel Kemal Redindo Syahrul Putra SH MH membuka Sosialisasi pajak yang juga dihadiri Anggota DPRD Sulsel Rudy Piter Gony (RPG). Selain membuka Kemal juga membawakan materi terkait pajak daerah.

pt-vale-indonesia

Dalam materinya, Kemal yang merupakan putra dari mamtan Gubernur Sulsel dua periode, Syahrul Yasin Limpo (SYL) ini mengingatkan pada seratusan peserta tentang arti penting pajak pada pembangunan di Sulsel. Menurutnya, pajak yang dibayarkan masyarakat akan menunjang pembangunan di Sulsel.

“Kita giat melaksanakan sosialisasi pajak untuk memberikan pemahaman kepada pelanggan samsat mengenai aturan pajak daerah. Ada aturan yang harus diberikan penjelasan kepada masyarakat agar tidak bias,” katanya.

Sosialisasi yang dipandu oleh Kepala UPT Makassar I Selatan H. Harmin, Kemal juga menambahkan bahwa sosialisasi tersebut dimaksudkan untuk membangun kesamaan persepsi antara wajib pajak dan aparat pemungut pajak.

Untuk meningkatkan pendapatan pajak daerah, Samsat Makassar I Selatan atau UPT Makassar I Selatan melakukan sejumlah inovasi dalam pengumpulan pajak daerah, antara lain dengan membuat Samsat Care yang mendatangi pelanggan samsat di rumah atau di kantornya.

Inovasi lainnya yakni bekerja sama dengan Bank Sulselbar untuk menghadirkan mesin EDC  yang memungkinkan pelanggan samsat membayar pajak nontunai melalui kartu kredit atau kartu debit.  Samsat juga menghadirkan pembayaran nontunai melalui ATM  Bank Sulselbar.

“Saya harap tidak ada lagi kesulitan yang dihadapi pelanggan samsat karena banyaknya inovasi dalam membayar pajak yang dilakukan Bapenda Sulsel,” katanya yang membawakan materi berjudul Pajak dan Layanan Unggulan Bapenda Sulsel.

Sedangkan RPG dalam sosialisasi tersebut membawakan materi tentang manfaat pajak pada pembangunan di Sulsel. Menurutnya, Provinsi Sulsel dibangun berasal dari dana dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah, salah satunya berasal dari pajak kendaraan bermotor.

RPG juga berharap agar masyarakat Sulawesi Selatan untuk taat membayar pajak karena menurutnya pajak yang masuk akan kembali ke masayarakat dan akan dinikmati oleh masyarakat.(*) 


BACA JUGA