Pasca Penilaian Lomba Desa, Kanjilo Tetap Berbenah

Minggu, 22 Juli 2018 | 10:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Setelah melalui tahap penilaian oleh Tim Penilai Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, upaya Desa Kanjilo, Kecamatan Galesong, Kabupaten Gowa untuk berbenah tidak sampai disitu saja. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Asrul saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya masih menunggu hasil dari penilaian tersebut. 

“Saat ini kami masih menunggu hasil penilaian dari provinsi, selebihnya, juara atau tidak kita berdoa saja, karena semua usaha telah kami lakukan untuk bisa ketahap ini,” ujarnya via sambungan telepon, Sabtu (21/7/2018).

Asrul mengatakan, lomba desa ini bukan semata-mata karena mencari sebuah juara, lebih dari itu diharapkan bisa menunjukkan sejauh mana peningkatan kualitas hidup di desa tersebut, baik dari infrastruktur, kesejahteraan warganya dan masih banyak lagi. Dan Asrul mengaku, pihaknya bersama dengan komponen desa optimis Desa Kanjilo sudah cukup baik. 

“Meskipun ada kekurangan, akan kami perbaiki, mereka kan melihat apakah desa Kanjilo ini dari tahun ke tahun sudah berkembang atau belum,” tambahnya. 

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan mengatakan, hingga saat ini pun masyarakat masih saling bahu membahu kerja bakti untuk membina Desa Kanjilo.

“Meskipun penilaian telah dilakukan, kita tetap melakukan perbaikan, apa yang menjadi kekurangan Desa Kanjilo tetap kami evaluasi, perampungan dan penyempurnaan administrasi PKK terus dilakukan, pelatihan kader – kader posyandu dalam mengadakan simulasi penimbangan terus kami galakkan,  pembinaan kelompok lansia juga, karena ada senam lansia yang dilaksanakan rutin disana,” jelas Priska. 

Sebelumnya, pada penilaian Desa oleh tim dari Provinsi, diketahui ada tiga bidang yang menjadi indikator penilaian yakni, bidang pemerintahan, bidang kewilayahan, dan bidang kemasyarakatan. 

Di bidang pemerintahan, Desa 
Kanjilo melakukan peningkatan kapasitas aparat desa dengan mengikuti berbagai bimtek dan pelatihan, juga tersedianya jaringan internet gratis, perpustakaan keliling, dan perpustakaan online yang mampu menambah wawasan masyarakat Desa Kanjilo. 

Selain itu, dibidang kewilayahan, pemerintah Desa Kanjilo membuat rumah produktif. Dimana, rumah produktif inilah masyarakat Desa Kanjilo dibina dan diberi pelatihan dalam membuat produk-produk unggulan yang bernilai ekonomis. 

Sementara, di bidang kemasyarakatan, pemerintah desa berupaya melakukan berbagai kegiatan sosial dalam meningkatkan kapasitas masyarakat.(*)


BACA JUGA