Menteri Pemberdayaan Wanita dan Perlindungan Anak RI, Prof Yohana Yembise menyerahkan penghargaan KLA Pratama kepada Bupati Gowa Adnan Purichta

Raih Penghargaan KLA Pratama, Bupati Adnan: Ini Sudah Komitmen Pemkab Gowa

Selasa, 24 Juli 2018 | 09:27 Wita - Editor: Irwan AR -

Gowa, Gosulsel.com — Penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) Pratama diraih Kabupaten Gowa dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KP3A-RI) pada malam penganugerahan di Dyandra Convention Hall, Surabaya, Jawa Timur, Senin (23/7) tadi malam.

Penghargaan skala nasional ini merupakan kesekian kalinya dibawah kepemimpinan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan.

Penghargaan yang diserahkan Menteri Pemberdayaan Wanita dan Perlindungan Anak RI, Prof Yohana Yembise ini diterima langsung Bupati Adnan.

Dalam kesempatan tersebut Yohana Susana Yembise mengatakan, penghargaan ini tidaklah mudah karena butuh komitmen dari Pemerintah Kabupaten/Kota.

“Penghargaan KLA menilai sejauh mana komitmen Pemkab maupun Pemkot terhadap anak, terkhusus perlindungan dan pemenuhan hak dan tumbuh kembang anak. KLA buah kerjasama dari SKPD yang ada di Pemkab yang menjabarkan urusan anak dan perempuan sebagai urusan wajib pemerintahan daerah,” tuturnya dihadapan 12 Kabupaten/kota yang hadir.

Sementara itu, Kabupaten Gowa sendiri merupakan kabupaten yang komitmen untuk menjadikan Gowa sebagai KLA sejak awal masa jabatan Bupati termuda di KTI.

“Sejak awal pemerintahan saya sudah berkomitmen menjadikan Gowa sebagai KLA. Program ini terintegrasi dengan visi saya menjadikan Gowa sebagai kabupaten pendidikan pertama di Sulsel. Syukurlah setelah berjalan dua tahun dengan kerja-kerja semua elemen akhirnya membawa kita meraih Kabupaten Layak Anak untuk pertama kalinya,” jelas Adnan dari Surabaya.

Penghargaan ini merupakan pertama kali diraih oleh Kabupaten Gowa. Ada empat kategori penghargaan KLA, masing-masing Pratama yang diraih oleh 113 Kabupaten/Kota, Madya 51 kabupaten/kota, Nindya 11 kota, dan Utama 2 kota. Sehingga total ada 117 kabupaten /kota yang meraih predikat KLA dari 509 Kota/kabupaten.(*)


BACA JUGA