Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol

Dinsos Gandeng BPBD dan Damkar Tangani Program Sosial Kebencanaan di Gowa

Kamis, 26 Juli 2018 | 12:23 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Dinas Sosial bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa dan Pemadam Kebakaran bersama menjalankan program sosial berkaitan dengan kebencanaan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol kepada Gosulsel.com, Kamis (26/7/2108).

Syamsuddin menjelaskan, Dinas Sosial bertugas melakukan assessment terhadap keluarga yang mengalami bencana seperti kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu di wilayah Kabupaten Gowa.

Assessment tersebut dilakukan berdasarkan tiga hal yang menjadi kebutuhan pokok para korban bencana. Seperti menyiapkan sandang, pangan, dan papan. Dan menyiapkan tenda darurat untuk para korban bencana tersebut.

“Makanya sekarang kita sedang assessment kembali seluruh rumah-rumah korban kebakaran ini beberapa bulan lalu, untuk melihat assessment yang belum bergerak, apakah mereka belum bisa membangun sarana dan prasarana rumahnya hari ini,” ujarnya.

Jika para korban bencana belum bisa membangun rumah, lanjut Syamsuddin, Pemerintah Kabupaten Gowa akan masuk melakukan assessment dan bekerja sama dengan camat dan lurah untuk bagaimana para korban bisa mendapatkan rumah layak huni tahun ini.

“Kita akan membantu para korban melalui assessment jika mereka belum bisa membangun rumah mereka, tentunya kami pihak Dinsos akan bekerj asama dengan camat, lurah dan kades setempat, demi mereka bisa mendapatkan hunian yang layak,” jelasnya.(*)


BACA JUGA