Hingga Agustus, PDAM Gowa Akan Programkan Sambungan Gratis Untuk 10.000 MBR

Minggu, 29 Juli 2018 | 18:47 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Jeneberang Gowa menyelesaikan program Sambungan Rumah (SR) gratis untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang saat ini mencapai 79,33% dari total 1500 SR. 

Tak hanya itu, atas arahan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, PDAM Gowa akan melakukan peningkatan cakupan layanan yang baru kisaran 40% dan dalam tiga tahun kedepan secara bertahap akan memprogramkan sambungan gratis bagi 10.000 jiwa MBR di Kabupaten Gowa yang ada pada sistem perpipaan PDAM.

Hal tersebut disampaikan Dirut PDAM Gowa, Hasanuddin kepada Gosulsel.com, Minggu (29/7/2018).

Untuk menunjang program 10.000 jiwa sambungan rumah gratis tersebut, PDAM atas dukungan penuh pemerintah Daerah akan menambah kapasitas produksi dengan membangun IKK Malakaji sebagai upaya perluasan layanan dan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) kapasitas 100 liter/detik di bontomarannu. 

“Selain itu, upaya lain PDAM lakukan dengan mengoptimalkan IPA Pandang-Pandang dengan kapasitas 200 liter/detik dengan pembangunan intake baru,” ujarnya. 

Hal tersebut kata Hasanuddin dilakukan karena adanya penurunan kapasitas air baku dari Bendungan Bili-bili. 

Lanjutnya, jika semua ini terealisasi maka pelayanan akan lebih luas dengan cakupan lebih tinggi sejalan dengan arahan Bupati Gowa untuk meningkatkan dan memperluas pelayanan air bersih sebagai kebutuhan pokok.

Hasanuddin juga berharap, pihaknya bisa merampungkan program tersebut di bulan Agustus.

“Kita usahakan Agustus selesai, supaya kementerian PUPR dapat melakukan verifikasi pada bulan September mendatang,” harapnya.(*)


BACA JUGA