BKIPM Makassar Waspadai Ikan Invasif di Sulsel

Rabu, 01 Agustus 2018 | 16:26 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Indra Ahmad - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Balai Besar Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Makassar mengimbau agar mewaspadai ikan invasif di Sulsel.Hal itu terungkap saat menggelar talkshow dengan mengangkat tema “Ikan Sehat Yes, Ikan Invasif No” bekerjasama dengan Indo Betta Splendens (InBS) Sulsel di Trans Studio Mall,” Rabu (1/8/2018).

Narasumber talkshow ini adalah Kepala BKIPM Makassar, Sitti Chadidjah. Dalam pemaparannya Sitti mengatakan, spesies asing invasif merupakan salah satu isu utama dunia yang mengemuka sekarang yang bisa mematikan spesies lain, mengganggu lingkungan dan memacetkan pergerakan ekonomi atas dampak yang ditimbulkannya.

Lebih lanjut Sitti mengungkapkan, pengaruh introduksi ikan asing ke perairan umum di Indonesia memang belum pernah diteliti secara mendalam, tetapi banyak kasus telah menimbulkan ancaman yang serius terhadap kelestarian sumberdaya ikan asli.

Khusus untuk wilayah Sulawesi Selatan, realitas yang terjadi adalah kepunahan biota-biota eksotik seperti ikan butini (Glossogobius matanensis) dan ikan opudi (Telmatherina celebensis) sebagai akibat introduksi ikan louhan yang dilakukan akhir-akhir ini



“Di Makassar, kami sedang mendata ikan-ikan invasif yang dipelihara oleh masyarakat untuk selanjutnya diserahkan secara sukarela kepada pihak karantina ikan untuk melindungi produksi perikanan Sulsel” jelas Sitti.

Sitti menjelaskan, hal penting terkait dengan ikan asing invasif adalah adanya peningkatan pengawasan dan pengendalian secara terpadu.

Sehingga penyebaran dan dampak yang ditimbulkan dapat ditekan serendah-rendahnya khususnya ikan asing yang bersifat karnivora dan cepat berkembang biak sehingga tidak menyebabkan musnahnya spesies ikan asli Indonesia.(*)


BACA JUGA