Lomba Permainan Tradisional Semarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Parangloe

Senin, 06 Agustus 2018 | 20:08 Wita - Editor: Irwan AR -

Gowa,Gosulsel.com— Lomba tradisional kembali menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun ini di Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa. Lomba tradisional itu masing-masing, paddeko’, lomba karung serta tarik tambang.

Ketua Panitia Lomba HUT Kemerdekaan RI ke-73 tingkat Kecamatan Parangloe, Mappatangka Karaeng Talli mengatakan, ketiga jenis lomba tradisional tersebut diikuti oleh PKK desa dan kelurahan serta masyarakat umum.

“Paddeko’ digelar menjelang HUT Kemerdekaan. Sementara lomba karung dan tarik tambang setelah upacara Hari Kemerdekaan, 17 Agustus 2018,” ujar Mappatangka, di ruang kerjanya, Senin, 6 Agustus 2018.

Menurutnya, hampir setiap tahun menyambut HUT Kemerdekaan RI, pihak pemerintah kecamatan Parangloe menggelar pelbagai macam lomba. Selain lomba tradisional, juga dilaksanakan pertandingan di bidang olah raga, seperti sepakbola, bola voli serta sepak takrow, juga ada ketangkasan bermotor.



“Khusus untuk lomba tradisional ini sebagai bentuk pelestarian budaya dan kearifan lokal,” terang pria yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Camat (Sekcam) Parangloe itu.

Terpisah, anggota panpel lainnya, Kaharuddin De’Nyol menambahkan, lomba cabang olahraga sementara sudah berlangsung pertandingannya.

“Sepakbola misalnya sementara memainkan laga penyisihan. Diikuti 8 tim dan dibagi dua grup,” pungkasnya. (rus)


BACA JUGA