Lomba Permainan Tradisional Semarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Parangloe

Kamis, 18 Juli 2019 | 13:55 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Rusli - GoCakrawala

GOWA, GOSULSEL.COM – Lomba permainan tradisional kembali menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun ini di Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa. Lomba tradisional itu berupa paddeko’ dan lomba karung.

Ketua Panitia Lomba HUT Kemerdekaan RI ke-74 tingkat Kecamatan Parangloe, Kalimuddin Dg Sutte mengatakan, kedua lomba tradisional tersebut diikuti oleh PKK desa dan kelurahan. 

“Olahraga tradisional ini sebagai bentuk pelestarian kearifan lokal. Melalui momen HUT Kemerdekaan kita terus gelorakan,” ujar Kalimuddin Sutte dalam rapat koordinasi HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Aula Kantor Camat Parangloe, Kamis (18/7/2019).

Tidak sebatas tingkat PKK Desa dan Kelurahan. Lomba permainan tradisional juga dilaksanakan untuk tingkat anak-anak atau usia sekolah. Berupa, allongga’, akkiyo bunting, angngaru. Adapula lomba seni dan keagamaan. Seperti nyanyi solo, vokal grup, kasidah dan lomba hafalan surat-surat pendek.



Menurutnya, hampir setiap tahun menyambut HUT Kemerdekaan RI, pihak pemerintah kecamatan Parangloe menggelar pelbagai macam lomba. Selain permainan tradisional, juga ada lomba bidang olah raga. Seperti sepakbola, bola voli serta sepak takrow. Juga ada ketangkasan bermotor.

“Tahun ini, ada juga pameran inovasi dan karnaval. Termasuk lomba kebersihan antar instansi,” terang pria yang berprofesi sebagai tenaga pendidik itu.

Camat Parangloe, Mappatangka Dg Talli berharap, pelaksanaan lomba HUT Kemerdekaan RI tahun ini berlangsung lebih baik dari tahun lalu. “Jauh lebih ramai, semarak dan sederhana,” pungkasnya. (*)


BACA JUGA