Deng Ical Ungkap Keberhasilan Pemkot Makassar Kelola Daerah Pesisir

Rabu, 08 Agustus 2018 | 12:52 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Indra Ahmad - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com — Wakil Wali Kota Makassar, Dr Syamsu Rizal MI, saat memberikan materi dalam pelatihan Reform Leader Academy Angkatan XV dengan tema kemaritiman, di gedung balai pelatihan LAN RI mengungkapkan keberhasilan Kota Makassar di bagian kemaritiman khususnya terkait pengelolaan daerah pesisir, Selasa (7/8/2018) malam.

Pengelolaan daerah pesisir, khususnya reklamasi diawali pada tahun 2003, dimana kondisi air laut di Pantai Losari sudah sangat memprihatinkan, bahkan dinyatakan tidak memungkinkan memberi daya kehidupan.

pt-vale-indonesia

“19 Hotel dengan water treatment sederhana bermuara di losari waktu itu, mengakitbatkan kondisi air laut sangat memprihatinkan, sehingga tahun 2006 diberlakukan setiap hotel wajib menggunakan water treatment sesuai standar sehingga dinyatakan layak untuk dilepaskan ke laut,” lanjut Deng Ical.

Satu hal yang mesti disadari sebagai tugas pemerintah menurut Deng Ical, yakni meningkatkan nilai, dan memanfaatkan sumber daya yang sangat terbatas untuk sebesar besarnya bagi masyarakat.

Keterbatasan sumber daya yang dimiliki oleh pemerintah, mengharuskan adanya inovasi dan kreatifitas agar mampu mengoptimalkan sumber daya yang ada.

Kondisi Pesisir pantai kota Makassar, meski belum sepenuhnya baik, setidaknya telah mampu memberikan perubahan yang signifikan.

“Penanaman mangrove salah satunya, dengan melibatkan berbagai unsur dari TNI, kepolisian, LSM, dan berbagai stackholder lainnya,” tambahnya.(*)


BACA JUGA