Tingkatkan PAD, DPRD Lutra Kunjungi Bapenda Sulsel

Rabu, 15 Agustus 2018 | 18:09 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Ketua DPRD Luwu Utara (Lutra) Drs H. Mahfud Yunus bersama sejumlah anggota DPRD Lutra saat melakukan kunjungan kerja di kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel Jalan Andi Pangerang Petta Rani Makassar, Rabu (15/8/2018). Kunjungan dilakukan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Lutra.

Rombongan diterima Kepala Bidang Perencanaan dan Pelaporan Bapenda Sulsel, H Reza Faisal Saleh, S.STP, M.Si didampingi sejumlah pejabat terkait di bapenda.

Ada banyak pertanyaan yang diajukan untuk meningkatkan PAD Lutra. Antara lain yang diajukan oleh anggota Banggar DPRD Lutra, Sudirman Salomba ST. Ia menanyakan uang jaminan calon investor ditempatkan di rekening selain rekening kas daerah. Ia juga menanyakan bunga uang jaminan tersebut apakah bisa diambil oleh pemda atau tidak.

Sedangkan Wakil Ketua II DPRD Lutra, Andi Sukma S.sos menanyakan retribusi tambang golongan C. “Apakah bisa diambil oleh pemda karena yang saya dengar izinnya sudah diambil oleh provinsi,” tanyanya.



Sementara Drs Edy Sudarto yang juga anggota Banggar menanyakan estimasi dana bagi hasil (DBH) yang akan diterima pada tahun 2018 dan tahun 2019 nanti.

Wakil Ketua I DPRD Lutra, Rahmat Laguni  ST dan Ketua Banggar Karemuddin S.Pd. I juga hadir di rapat konsultasi tersebut. Karemuddin meminta masukan terkait sulitnya Pemkab Lutra meraih target yang telah ditetapkan.

Dalam pertemuan tersebut diungkapkan bahwa uang jaminan harus masuk ke kas daerah. Mengenai bunga dari jaminan tersebut dapat diatur dalam perjanjian kerjasama.

Terkait tambang golongan C, izin memang telah diambiil alih oleh provinsi namun pemda tetap diberi kewenangan dalam menarik retribusi.

Mengenai DBH, hingga Juni ini Lutra akan menerima sekitar Rp 22,2 miliar yang akan diperkirakan terus meningkat.(*)


BACA JUGA