#

Rupanya Ini yang Membuat Kapidsus Kejari Sinjai Geram

Selasa, 21 Agustus 2018 | 19:25 Wita - Editor: Baharuddin - Kontributor: Izhar - Gosulsel.com

Sinjai,GoSulsel.com – Kepala Seksi (Kasi) Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai, Hari Surachman, kecewa terhadap sejumlah Kepala Desa (Kades) di daerah itu.

Pasalnya, banyak yang tak hadir saat penyuluhan hukum yang digelar oleh Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa (HIPPMAS) di Kantor Camat Sinjai Timur, Senin,(21/8/2018).

pt-vale-indonesia

Kekecewaan itu disampaikan Hari Surachman, SH,MH saat menjadi pemateri hukum dan sedang mengabsen daftar hadir Kepala Desa, Sekertaris, Bendahara,  dan Perangkat Desa se Kecamatan Sinjai Timur.

Menurut Hari Surachman, seharusnya Kepala Desa khususnya di Kecamatan Sinjai Timur bisa lebih proaktif mengikuti kegiatan penyuluhan hukum dan peraturan terkait pengeloaan keuangan desa.

“Yang hadir sebagai pemateri bukan hanya saya saja. Tapi ada dari Tipikor Polres, Ispektorat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sinjai. Jadi jangan salahkan siapa-siapa lagi ketika ada desa yang kedapatan melanggar. Karena kepala desa sendiri yang tidak mau hadir,” Katanya. 

Lanjut Hari Surachman menegaskan bahwa ketidak beberapa Kepala Desa menjadi catatan penting bagi dirinya.

“Kami jauh-jauh datang kemari menjadi pemateri karena ingin melihat desa lebih baik. Untung pekerjaan dan laporan keuangan desanya bagus. Tapi kalau tidak gimana, padahal ini kan untuk desa juga. Padahal Desa Passimarannu sekarang kasusnya dalam penanganan Tipikor. Seharusnya ini menjadi contoh supaya kejadian ini tidak terulang lagi,” jelasnya.

Dari pantauan media ini dari 12 desa di Kecamatan Sinjai Timur, hanya Desa Sanjai, Biroro, Lasiai, Saukang, Bongki Lengkese, Tongke-tongke, Kaloling dan Panaikang yang hadir. Sedangkan desa Salohe, Kampala, Passimarannu, Patallassang tidak hadir. 

Sementara Kades Kampala, Andi Ichsan ketika dikonfirmasi terkait ketidak hadirannya mengaku sedang sibuk. 

“Masih banyak pekerjaan ini di desa jadi saya tidak sempat hadir. Apalagi besok mau lebaran,” kilahnya. (*). 


BACA JUGA