Karaeng Kio Gerakkan Tokoh Masyarakat dalam Pilkades, Ini harapannya

Senin, 27 Agustus 2018 | 16:43 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Ryan Saputra - Gosulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malagani menggerakkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang terdiri dari tokoh masyarakat guna suksesnya Pemilihan kepala desa di 69 desa se kabupaten. Demi tertibnya pemilihan kepala desa.

Untuk itu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar Sosialisasi Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2018 Kabupaten Gowa, di Baruga Tinggimae Rumah Jabatan Bupati Gowa, Senin, (27/8).

Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni yang juga sekaligus membuka kegiatan tersebut mengatakan sosialisasi ini dilakukan agar pemilihan kepala desa serentak nantinty bisa lebih baik dibandingkan sebelumnya.

“Ini kita lakukan bagaimana pemilihan Kades nantinya bisa lebih baik dan berbobot sehingga apa yang diinginkan bisa tercapai,” ungkapnya dihadapan ratusan peserta.



Selain itu, Karaeng Kio — Sapaan akrab Wabup Gowa mengimbau kepada anggota maupun pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) agar segera membentuk Panitia Pencalonan Pelaksana Pemilihan Kepala Desa (P4KD) karena nantinya akan ada beberapa TPS yang terbentuk.

“Untuk mengantisipasi terjadinya perlambatan pemilihan makanya kita buat beberapa TPS untuk menghindari penumpukan warga, diaturan pencoblosan hanya sampai jam 1, jadi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan makanya dibuat beberapa TPS, diharapkan BPD secepatnya buat P4KD untuk pemilihan ini,” jelasnya.

Terkait P4KD kata Karaeng Kio, akan ada syarat dalam menunjuk P4KD yakni anggota BPD, bahkan Guru maupun Kepala Sekolah tidak boleh menjadi bagian dari P4KD “Yang bisa jadi anggota P4KD itu seperti staf desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan LSM lainnya,” bebernya.

Kedepannya, dirinya berharap P4KD jauh lebih baik dibandingkan pemilihan lalu. Tak hanya itu, ia pun mengingikan pemilihan kades di 69 desa bisa berjalan sukses, dan Kades yang terpilih bisa membuat desanya lebih maju mengingat anggaran dana desa telah ada dari pemerintah pusat.

” Kami selaku Pemkab Gowa mengajak mari kita lebih memersatukan masyarakat Gowa dengan bersama-sama memperbaiki Gowa jauh lebih baik, maju, sejahtera, dan sukses serta pembangunan desa lebih nampak kedepannya,” harap Karaeng Kio.(*)


BACA JUGA