15 Puskesmas di Gowa Mulai Terapkan Sikda, Awal September Mulai Uji coba

Kamis, 30 Agustus 2018 | 15:09 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Ryan Saputra - Gosulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — 15 dari 26 Puskesmas di Kabupaten Gowa mulai menerapkan Sistem Informasi Kesehatan Daerah (Sikda). Rencananya ke 15 Puskesmas ini mulai ujicoba pada awal September 2018.

Hal itu dikatakan Kadis Kesehatan Gowa, dr Hasanuddin Tahir, Kamis (30/8/2018) siang.

Hasanuddin mengatakan, untuk pelaksanaan ujicoba layanan Sikda ini, para kepala Puskesmas dibekali pelatihan Sikda selama dua hari di Hotel Grand Asia Jl Boulevard, Makassar dengan dipandu dua narasumber dari Pusdatin Kementerian Kesehatan RI masing-masing Ika Kurniasi serta Yoga Edyaksa (Pranata Komputer).

“Jadi untuk persiapan penerapan Sikda ini kita baru memulai pada 15 Puskesmas dataran rendah dulu dan sebagai ujicoba pelaksanaannya hari ini juga pihak Pusdatin Kemenkes meninjau layanan Sikda di Puskesmas Somba Opu,” jelas kadis.



Terkait layanan IT ini di Puskesmas menurut Hasanuddin memang sudah menjadi harapan Bupati Gowa dimana pelayanan Puskesmas di seluruh wilayah Gowa harus dilakukan maksimal dan respon time atau masyarakat tidak lagi harus menunggu lama selama berada di Puskesmas.

“Sikda ini terkoneksi langsung dengan jaringan IT Dinas Kesehatan Gowa sehingga kita di kabupaten bisa memantau langsung kondisi layanan di setiap Puskesmas. Untuk saat ini baru 15 Puskesmas yang dilatih selebihnya adalah Puskesmas dataran tinggi untuk berikutnya,” jelas kadis.

Informasi melalui Sikda ini kata kadis sangat akurat, semua bagian dalam Puskesmas terkonek secara langsung.

“Jadi warga yang datang periksa misalnya saat diperiksa dokter, maka hasil diagnosanya sudah terinput begitupun obat yang disarankan dokter. Jadi petugas yang berada di ruang apotik sudah menyiapkannya dan sisa memanggil nama pasien untuk mengambil obatnya. Jadi tidak ada lagi petugas yang membawa hasil diagnosa dokter ke loket apotik. Pokoknya respons time,” beber Hasanuddin.(*)


BACA JUGA