Puskesmas Dataran Tinggi Gowa Akan Terapkan Sikda Berbasis Android

Kamis, 30 Agustus 2018 | 15:45 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Ryan Saputra - Gosulsel.com

Makassar, Gosulsel.com — Dinas Kesehatan Kabupaten akan menerapkan Sistem Informasi Kesehatan Daerah (sikda), berbasis Android di daerah daratan tinggi.

Hal tersebut di sampaikan langsung Ika Kurniasi Pusdatin kementrian Kesehatan Republik Indonesia saat menggelar pelatihan sikda di hotel Grand Asia

Untuk Puskesmas wilayah pelosok (terpencil/dataran tinggi) menurut Ika telah dicarikan solusi agar sistem ini tetap bisa diterapkan.

“Sejauh inikan sistem IT yang digunakan memakai komputer jadi karena di wilayah pegunungan pastilah kesulitan jaringan maka kita akan carikan solusi. Kita akan buatkan versi Android atau Handphone untuk pelayanan masyarakat yang jauh di pelosok. Manfaatnya, respons timenya ada serta memperpendek jalur pelayanan dan manfaat lainnya jenis-jenis penyakit akan terdata juga,” jelas Ika. Kamis (30/8/18)



Pelatihan yang digelar tiga hari sejak Rabu (29/8/2018) hingga Jumat besok ini ditandai peninjauan penerapan Sikda di Puskesmas Somba Opu, Kamis

narasumber dari Pusdatin Kementerian Kesehatan RI, Ika Kurniasi didampingi Yoga Edyaksa selaku pranata komputer menjelaskan kalau secara nasional (di Indonesia) sudah ada 1.000-an Puskesmas yang menerapkan Sikda tersebut.

“Semuanya sudah kami beri pelatihan dan kini sudah mulai menerapkan. Kalau di Sulsel, Kabupaten Gowa yang pertama memulai dan sementara kami masih membekali 15 Puskesmas saat ini. Kalau untuk sosialisasi Sikda di Sulsel sudah ada beberapa kabupaten. Untuk Kota Makassar sendiri bulan depan sudah akan ikuti pelatihan Sikda ini juga,” jelas Ika Kurniasi.(*)


BACA JUGA