Pj Sekda Kota Makassar Buka Sosialisasi E – Planning & E-Budgeting Bappeda Kota Makassar

Senin, 03 September 2018 | 16:19 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mutmainnah - Gosulsel.com

Makassar,GoSulsel.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar menggelar Sosialisasi Integrasi Perencana ( E- Planning) Dan Penganggaran (E- Budgeting); Kota Makassar. Bertempat di Hotel Aston, Senin. (3/9/2018).

E-Planning dan E-Budgeting merupakan sebuah sistem informasi berbasis website, yang dikembangkan, untuk memfasilitasi proses perencanaan, pengendalian, dan evaluasi rencana kerja pembangunan daerah.

pt-vale-indonesia

Dalam sambutannya Pj Sekrataris Daerah (Sekda) Kota Makassar Dr Hj Naisyah Azikin menjelaskan pentingnya penggunaan sistem Ini dalam melaksanakan Rencana Anggaran Kerja (RKA) bagi SKPD karena didalamnya sudah tersusun sasaran peningkatan pelayanan, yakni berupa target capaian kinefja serta bagaimana pengorganisasian program dan kegiatan pelayanan Perangkat Daerah sesuai tupoksinya masing masing.

“Dengan penerapan sistem e- planning dan e- budgeting secara otomatis akan mewujudkan keselarasan dokumen perencanaan, hingga  penganggaran di SKPD sehingga target yang ingin dicapai dalam RPMJD mampu diwujudkan sesuai dalam rencana kerja tiap  tahun,’ ucapnya. 

Naizyah lebih jauh mengutarakan dengan perencanaan seperti sistem tersebut sangat jelas sasaran yang ingin dicapai yaitu meningkatkan pelayanan, dan target capaian kinerja dalam SKPD sehingga  mendorong terciptanya pemerintahan berkualitas bersih.

Ini akan lebih mengarahkan dan  mengorganisasikan program dan kegiatan pelayanan Perangkat Daerah sesuai dengan  tupoksinya. sehingga dibutuhkan kerja secara team work secara transparan dan akuntabel dimasing masing SKPD,” terangnya.

Dia berharap dengan ada sisa waktu 4 bulan tahun ini, setiap SKPD mampu mencapai target hingga 80 persen, tentunya dengan memperhatikan secara teliti pencatatan dan pelaporannya.

Anwar kepala bidang perencanaan dan pengendalian pada Bappeda kota Makassar dalam laporannya sosialisasi digelar dalam rangka memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi setiap pimpinan SKPD maupun staff penyelenggara.

“Kita hadirkan seluruh SKPD lingkup pemerintah kota daoam sosialisasi ini, supaya nereka paham maksue tujuan sosialisasi yang kita adakan,” jelasnya.(*)


BACA JUGA