Dinas Bina Marga Sulsel Gelar Bimtek KPBU, Ini Tujuannya

Kamis, 13 September 2018 | 11:58 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sulawesi Selatan, menggelar Bimbingan Teknis Pembiayaan Infrastruktur melalui skema kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU) di Hotel Lariz Makassar, Kamis (13/9/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 80 peserta dari PU kabupaten/ kota, tim pembina jasa konstruksi provinsi Sulawesi Selatan dan asosiasi badan usaha seluruh provinsi Sulsel.

pt-vale-indonesia

Mewakili Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sulsel, Kepala Seksi Bina Sumber Daya dan Tenaga Kerja Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sulsel, Ir. Zulkifli membawakan sambutan sekaligus membuka acara tersebut.

Dalam sambutannya, Zulkifli menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kerjasama dan memberikan wadah wawasan dan pengetahuan terkait dengan KPBU.

“Kegiatan ini merupakan upaya dan langkah-langkah nyata bagi kita untuk meningkatkan kerjasama dan memberikan wadah wawasan dan pengetahuan mulai dari project financing, aspek kontrak, sampai dengan penerapan skema kerjasama KBPU, hingga dasar – dasar laporan keuangan, penyusunan studi kelayakan dan resiko serta dilengkapi beberapa simulasi dalam pelaksanaan proyek KPBU,” ungkap Zul sapaannya.

Selain itu, lanjut Zul, penerapan skema KPBU juga untuk menutupi anggaran pembiayaan proyek infrastruktur dari APBN dan untuk membuka peluang kesempatan usaha pihak swasta untuk ikut mengelola infrastruktur.

“Penerapan skema KPBU bukan hanya untuk menutupi kekurangan (gap) pembiayaan infrastruktur dari APBN, namun juga sebagai upaya untuk membuka kesempatan usaha pihak swasta untuk ikut mengelola infrastruktur khususnya dibidang PUPR,” lanjutnya yang mewakili Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi Sulsel.

Di akhir sambutannya, Zulkifli berharap kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti seluruh rangkaian materi dengan serius agar dapat memahami  dan meningkatkan peran masyarakat  jasa konstruksi atau badan usaha dapat dapat berpartisipasi dalam meciptakan  pembangunan infrastrukstur.

“Melalui kegiatan ini, saya mengharapkan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini enggan serius sampai selesai sehingga dapat meningkatkan peran masyarakat jasa konstruksi atau badan usaha maupun swasta untuk berpartisipasi dalam kerjasama ini untuk tercapainya cita-cita pembangunan nasional khususnya bidang infrastruktur,” harapnya.(*)