Dosen Komunikasi UIN Alauddin Adakan Literasi Media di Bissoloro Gowa

Kamis, 13 September 2018 | 22:51 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar literasi media di Pondok pesantren Darul Fallaah Unismuh Makasaar di Bissoloro, Gowa, Kamis (13/9/2018).

Sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar, Dr. Haidir Fitrah Siagian, Ph.D menjelaskan bahwa kegiatan tersebut digelar karena adanya keresahan di kalangan Dosen Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar dengan penggunaan media.

“Dewasa ini pengguna media banyak terjerumus pada konten-konten yang tidak bermanfaat. Hal tersebut menimbulkan keresahan tersendiri dari dosen jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikaai (FDK) UIN Alauddin Makassar,” katanya.

Dalam kegitan tersebut tampil sebagai pemateri, Arham Selo dan Dahlan Lama Bawa yang merupakan kepala sekolah pondok pesantren Darul Fallaah. Di depan santri pondok pesantren Darul Fallaah, Arham Selo menjelaskan media dapat memberikan manfaat namun bisa juga berdampak negatif.

“Tidak ada alasan untuk tidak memakai media. Karena hal tersebut banyak memberikan manfaat, namun juga bisa menjerumuskan. Barang siapa yang tidak mau ikut pada kehidupan masa sekarang, maka dunia akan salah tingkah buatnya,” ujar Arham Selo.

Sementara itu, Dahlan Lama Bawa kepada santrinya mengatakan sebagai pengguna media maka diharuskan memiliki insting literasi media. Tidak hanya menggunakan kepintaran, tapi juga melibatkan emosi yang bijak.

 

“Makanya, literasi ini harus dimiliki oleh setiap orang, agar jauh lebih bermartabat. Bermartabat tersebut dimaksudkan agar bisa menjadi hamba dan khalifah yang layak,” ujar Dahlan Lama Bawa yang tampil sebagai pemateri kedua.(*)


BACA JUGA