Warga Sulsel Kini Bisa Sampaikan Keluhan Lewat Aplikasi LAPOR!-SP4N

Rabu, 19 September 2018 | 15:39 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel, mulai menyiapkan Layanan Aplikasi dan Pengaduan Online Rakyat Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (LAPOR!-SP4N). Melalui sistem ini masyarakat bisa menyampaikan aduan dan keluhan berbasis online.

Sistem pelaporan ini disusun oleh Kantor Staf Presiden, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, serta Ombudsman RI.

pt-vale-indonesia

Dengan sistem ini masyarakat memiliki beberapa pilihan atau akses untuk menyampaikan keluhan. Mulai dari situs www.lapor.go.id, SMS ke 1708 (tarif normal), mobile apps LAPOR! (Android) dan Twitter @LAPOR1708 dengan menyertakan tagar #lapor.

Penjabat Sekretaris Daerah Sulsel Tautoto Tanaranggina mengatakan untuk tahap awal pihaknya melakukan pelatihan pegawai penghubung di setiap OPD dan administrator yang akan ditempatkan di Inspektorat Sulsel.

“Ini untuk mempermudah masyarakat melaporkan segala keluhan. Selama ini keluhan mereka sering buntu, ujung-ujungnya lakukan aksi unjuk rasa,” ungkapnya, usai membuka pelatihan aplikasi Lapor SP4N di Kantor Inspektorat Sulsel, Rabu (19/9/2018).

Tautoto berharap sistem pelaporan ini segera disosialisasikan ke masyarakat. Sehingga setiap keluhan bisa disampaikan dengan baik dan mendapat tanggapan dari pemerintah.

Plh Inspektur Sulsel, Abel Rante menambahkan untuk pelatihan pihaknya mengundang 52 perwakilan penghubung dari OPD se Pemprov Sulsel. Mereka akan menyampaikan keluhan atau aduan yang ada dengan instansi terkait.

“Ini untuk mendukung transparansi dalam menjalankan pemerintahan. Mempermudah masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan pengaduan terkait pelayanan pemerintah,” tambahnya. (*)


BACA JUGA