FDK UIN Alauddin Makassar Mengadakan Pelatihan Pembuatan Jurnal Internasional Untuk Dosen

Latih Dosen Buat Jurnal Internasional, FDK UIN Alauddin Makassar Datangkan Pemateri Asal Australia

Selasa, 25 September 2018 | 14:27 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Gowa, GoSulsel.com — Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengadakan penguatan penelitian dan publikasi karya ilmiah bagi dosen FDK UIN Alauddin Makassar, Selasa (25/9/2018).

Dekan FDK UIN Alauddin Makassar, Dr. H. Abd. Rasyid Masri, mengatakan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pelatihan dalam rangka peningkatan hasil penelitian dan publikasi artikel yang dapat dimuat dalam jurnal bersandar internasional.

pt-vale-indonesia

“Khususnya di Fakultas Dakwah dan Komunikasi, terdapat dosen yang ingin mengajukan kenaikan pangkat menjadi guru besar akan tetapi terhalang dengan publikasi internasionalnya,” ujar Rasyid Masri.

Rasyid Masri juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dikhususkan bagi dosen yang sudah doktor dan dosen yang dalam tahap penyelesaian program doktoralnya.

Sementara itu, Dr. Ian Birch, ketika membawakan materi pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa seorang peneliti mesti selektif dalam mempublikasikan karya tulisnya yang benar-benar akurat kepada khalayak.

“Dalam hal ini, informasi yang disampaikan kepada khalayak adalah informasi yang memang benar-benar akurat dan bermanfaat. Bukan informasi ala kadarnya atau bahkan informasi yang keliru,” katanya.

Pemateri asal Australia tersebut juga mengatakan bagi seorang peneliti lebih baik diam dan tidak menyebarkan informasi atau mempublikasikan karya yang tidak benar. Apalagi jika informasi tersebut diperoleh dengan metode yang tidak akurat.(*)


BACA JUGA