Pelayaran Antar Pulau Sulit, Selayar Dapat Kado Kapal Feri dari Gubernur Sulsel

Jumat, 19 Oktober 2018 | 10:01 Wita - Editor: Baharuddin - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

Selayar,GoSulsel.Com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Selayar berterima kasih kepada Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah atas perhatiannya membantu mencarikan solusi terkait persoalan transportasi antar kecamatan kepulauan.

“Alhamdulillah Gubernur Sulsel akan memberikan bantuan satu unit Kapal Feri untuk membantu masyarakat selayar melakukan penyeberangan atau pelayaran antar pulau di Selayar,’ kata Bupati Selayar Basli Ali usai bertemu Gubernur,” Kamis (18/10/2018).

pt-vale-indonesia

Menurut Bupati, rencananya design Kapal Feri dengan tampilan tiga dimensi nantinya sudah bisa diperlihatkan kepada masyarakat pada peringatan hari jadi Kabupaten Selayar ke 413 tanggal 29 Oktobermendatang.

Kapal Feri ini rencananya akan beroperasi melayani penyeberangan ke lima kecamatan Kepulauan. Basli Ali, mengaku telah membahas bersama Gubernur terkait model atau design kapal fery yang pengerjaannya dimulai pada 2019 nanti.

 juga menjelaskan, perencanaan pengadaan kapal ini akan masuk di anggaran pokok pemprov Sulsel tahun 2019 dengan alokasi anggaran sekitar Rp35 miliar. Sedangkan pengerjaanya memakan waktu sekitar 11 bulan sesuai  pemaparan pihak PT. Industri Kapal Indonesia (IKI).

“Jadi PT. IKI sudah memperlihatkan design kapal Fery. Tapi ada beberapa koreksi pada perencanaan awal. Kami meminta ada pemasangan Ramp Door samping. Ini gunanya agar kapal bisa sandar disejumlah Pelabuhan yang tersebar dibeberapa kecamatan Kepulauan,” paparnya. (*)


BACA JUGA