Hadir di Malam Puncak, Istri Gubernur Sulsel Apresiasi Penyelenggaraan Bulan Kanker

Minggu, 28 Oktober 2018 | 13:35 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Sulsel, Ir Liestiaty F Nurdin, M.Fish. Lies yang menghadiri malam puncak peringatan Bulan Kanker di Food and Entertainment District, 2nd Floor, Trans Studio Mall Makassar, Sabtu (27/10/2018) malam turut mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Istri Gubernur Sulawesi Selatan Tersebut, selain memberi apresiasi kepada Nita Nursepty selaku penggagas Think Survive, juga memberi semangat kepada penderita kanker.

 “Saya hadir pada mala mini sebagai pemerhati dan sangat terkesan dengan kegiatan ini. Para penderita jangan sampai patah semangat dan sesame wanita saling mengingatkan untuk pencegahan dini dan berserah diri pada tuhan,” katanya.

Selain itu, Nita Nursepty selaku penggagas Think Survive mengatakan bahwa Octobreast Cancer Fest sendiri merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Yayasan Bakti Peduli Perempuan Kanker-Think Survive setiap bulan Oktober untuk memperingati Bulan Kesadaran Kanker Payudara. 

“Octobreast yang dilaksanakan pada tahun 2018 ini merupakan Octobreast tahun ketiga, setelah sebelumnya pertama kali diadakan pada tahun 2016 dan diikuti tahun 2017. Seperti tahun-tahun sebelumnya rangkaian acara Octrobreast memadukan konsep edukasi dan entertain. Tahun 2018 kali ini Octobreast mengangkat tema Faith, Courage, and Friendship, sama dengan slogan Think Survive itu sendiri,” katanya.

Nita Nursepty juga menyebutkan tujuan kegiatan tetsebut secara umum adalah untuk menigkatkan kesadaran masyarakat mengenai kanker payudara, kampaye deteksi dini, dan memberikan dukungan bagi pasien kanker payudara. 

“Rangkaian kegiatan pada Octobreast 2018 ini dapat ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat, baik itu praktisi kesehatan, penyintas kanker, pelajar, keluarga serta seluruh anggota keluarga untuk membangun kesadaran dan membiasakan pola hidup sehat,” jelasnya.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) tahun 2012, lanjut Nita Nursepty, jumlah pengidap penyakit kanker bertambah sekitar 14,1 juta kasus baru per tahunnya, dengan perkiraan jumlahnya akan meningkat menjadi 23,6 juta kasus baru pada tahun 2030.

“Di Indonesia dan Makassar pada khususnya, kanker payudara menduduki peringkat pertama terbanyak setelah kanker serviks, dan pada umumnya ditemukan sudah pada stadium lanjut. Padahal peluang pasien kanker payudara bisa mencapai kesembuhan 98% bila terdeteksi dini dan diobati secara medis,” lanjutnya.

Bulan Oktober secara internasional diperingati sebagai Breast Cancer Awareness Month. Terkait dengan hal tersebut, maka Yayasan Bakti Peduli Perempuan Kanker-Think Survive melakukan serangkaian kegiatan untuk mengkampanyekan kesadaran perempuan terhadap deteksi dini kanker payudara dan mendukung perempuan pejuang kanker.

“Rangkaian kegiatan dimulai dengan Yoga, kemudian dilanjutkan dengan Motivational Talkshow yang dibawakan oleh Director Insight Indonesia, yaitu Fauziah Zulfitri, Fashion Show for Charity bersama Gerai Etnik by Arie Rich, Deasy Bachtiar, Faizah Nawawi, Fauziah Lewa, Ida Jashari, dan Itja Achmad. Sedangkan item acara lainnya yang disajikan, flashmob, fun games, live music, pemilihan duta relawan 2018, konsultasi kesehatan gratis dan senyum motivasi 500 pasien,” tambahnya.(*)


BACA JUGA