Hari Pahlawan, Ini 10 Tokoh Pejuang Asal Sulsel Bergelar Pahlawan Nasional

Sabtu, 10 November 2018 | 19:52 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November setiap tahunnya diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia. Hari nasional tersebut mengandung makna yang amat dalam dimana masyarakat Indonesia kembali mengenang jasa-jasa para pahlawan.

Tak sedikit pahlawan yang mempertaruhkan jiwa raganya untuk Indonesia. Berikut 10 nama-nama pahlawan yang berasal dari Sulawesi Selatan:

1. Pajonga Daeng Ngalle



Pajonga Daeng Ngalle lahir di Takalar, Sulawesi Selatan, 1901 adalah seorang pahlawan nasional dan juga seorang Karaeng (kepala pemerintahan distrik) Polongbangkeng pada tahun 1934. Ayahnya bernama Hajina Daeng Massaung Karaeng Ilangari Mangkura dan ibunya bernama Hapipah Daeng Ngintang.

Karaeng Polombangkeng Pajonga Daeng Ngalle wafat di Takalar, Sulawesi Selatan, pada hari Selasa tanggal 2 Februari 1958 dan dikebumikan tanggal 3 Februari 1958.

Atas jasa-jasa beliau, pemerintah RI menganugerahi Gelar Pahlawan Nasional dengan Keputusan Presiden RI Nomor : 085/TK/Tahun 2006 tanggal 3 November 2006.

2. Andi Abdullah Bau Massepe

Letnan Jenderal TNI Andi Abdullah Bau Massepe lahir di Massepe, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan, pada tahun 1918. Ia wafat di Pare-pare, Sulawesi Selatan, pada tanggal 2 Februari 1947 pada umur 29 Tahun.

Andi Abdullah Bau Massepe adalah pejuang heroik dari daerah Sulawesi Selatan. Ia merupakan Panglima pertama TRI Divisi Hasanuddin dengan pangkat Letnan Jendral. Ia dianugerahi gelar Pahlawan nasional Indonesia oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 9 November 2005 dalam kaitan peringatan Hari Pahlawan 10 November 2005.

Halaman:

BACA JUGA