Kepala Sekolah dan Guru SD Inpres Parang, Kabupaten Gowa

Ikut Lomba Sekolah Adiwiyata, Begini Kesiapan SD Inpres Parang

Selasa, 13 November 2018 | 21:52 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Rusli - GoCakrawala

GOWA, GOSULSEL.COM — Sejumlah sekolah yang akan ikut lomba sekolah adiwiyata di Kabupaten Gowa terus berbenah. Salah satunya SD Inpres Parang.

Salah satu sekolah unggulan di Kecamatan Parangloe itu kini bersolek. Kepala Sekolah (Kepsek) SD Inpres Parang, Hj Nursiah Marham, mengatakan, ada banyak inovasi yang sudah dikerjakan menghadapi penilaian sekolah adiwiyata tingkat kabupaten tahun ini. 

Itu antara lain green house, toga, membuat kebun sekolah, termasuk melengkapi semua sudut sekolah ditanami bunga bunga yang digantung ataupun dalam pot. 

Untuk green house, kata dia letaknya disamping sekolah. Sementara kebun sekolah, didalamnya berisi pelbagai jenis tanaman. Seperti jagung, kangkung dan bayam.  

“Semua itu untuk mendukung lingkungan sekolah lebih hijau, asri dan rindang,” ujar Nursiah, Selasa (13/11/2018).

Tidak sekadar itu. Di dalam sekolah juga dibangun dua buah taman baca. Taman baca itu, kata dia, dilengkapi buku-buku bacaan untuk siswa. “Taman baca ini selaras dengan program gerakan membaca yang kita galakkan setiap hari Sabtu,” terangnya.

Mantan guru SD Inpres Borisallo ini mengakui, persaingan di lomba adiwiyata cukup ketat. Khusus untuk Parangloe saja, hanya dua sekolah tingkat dasar yang dinyatakan layak ikut lomba. Selain SD Inpres Parang, juga SD Inpres Parangloe. 

“Tapi kita optimis, bisa lolos,” katanya. 

Wakepsek SD Inpres Parang, Hambali Sese menambahkan pembenahan menuju penilaian lomba sekolah adiwiyata itu melibatkan semua guru dan murid. “Seperti dalam pembuatan kebun sekolah maupun green house itu. Segenap murid dan guru semua terlibat bekerjasama,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA