Kepala Bidang Promosi Penanaman Modal Dinas PM-PTSP Kepulauan Selayar, Ichsan Chairuddin
#

Menuju Terbentuknya KEK Pariwisata, Pemkab Mudahkan Investor Tanamkan Modal di Selayar

Kamis, 29 November 2018 | 10:55 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

SELAYAR, GOSULSEL.COM — Kepala Bidang Promosi Penanaman Modal Dinas PM-PTSP Kepulauan Selayar, Ichsan Chairuddin mengaku pihaknya sudah merampungkan blue print pengembangan investasi di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Menurutnya, ini sejalan dengan salah satu program prioritas Bupati Selayar yakni meningkatnya investasi menjelang terbentuknya Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Pariwisata. 

pt-vale-indonesia

“Lewat program ini, bupati sangat antusias memajukan sektor pariwisata sehingga semua OPD diarahkan mendukung hal tersebut,” kata Ichsan Chairuddin, Kamis (29/11/2018).

Dikatakan, Pemkab Kepulauan Selayar sangat siap memfasilitasi setiap investor yang berniat untuk menanamkan modalnya dalam rangka ikut serta memajukan sektor pariwisata daerah berjuluk Tanadoang ini. Termasuk memfasilitasi mempertemukan dengan pemilik lahan serta pengurusan lahan hingga ke BPN.

“Banyak wilayah di Selayar yang potensial untuk dikembangkan, namun sejauh ini belum ditunjang dengan fasilitas. Kita keterbatasan anggaran, sehingga tidak semua potensi bisa dibangun. Makanya  dibutuhkan investor untuk masuk mengembangkan Selayar,” jelasnya.

Saat ini Pemkab Selayar tengah menggodok Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata yang didukung penuh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata. Program survey wilayah strategis KEK Pariwisata ini dikemas dalam bentuk Fam Trip yang difasilitasi Pemkab Selayar.

“Saat ini kita sedang menggarap usulan kawasan ekonomi khusus pariwisata. Dan penyiapan dokumen persyaratannya sedang berjalan. Ini mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata untuk mewujudkan KEK Pariwisata,” kata Ichsan.

Sementara itu sejumlah pelaku industri pariwisata saat ini tengah mengunjungi sejumlah kawasan yang akan ditetapkan sebagai KEK Pariwisata seperti, perwakilan BPD PHRI Sulsel, GIPI Sulsel, Asosiasi Pemerhati Pariwisata, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel dan perwakilan unsur media nasional.(*)