ilustrasi sakit/Bustle..com

5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Jelang Puncak Musim Hujan

Sabtu, 01 Desember 2018 | 11:22 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Irwan AR - Go Cakrawala

GOSULSEL.COM — Kita harus Menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit jelang musim penghujan, perubahan cuaca tentu akan banyak memengaruhi kondisi tubuh.

“Jika daya tahan tubuh menurun, imunitas tubuh menurun, jika imunitas tubuh menurun maka penyakit akan gampang menyerang,” jelas Bhirau Wilaksono, dokter umum di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar.

Berikut beberapa tips simpel dari dokter muda Bhirau dalam menjaga daya tahan tubuh jelang musim penghujan antara lain:

1. Cukup tidur



Rutinitas yang padat tidak boleh membuat kita tidak adil dengan tubuh sendiri, memberikannya waktu yang cukup untuk relaks akan membuat tubuh kembali fit untuk menghadapi aktifitas keesokan hari

2. Makan dengan gizi yang seimbang

Soal makan ini mungkin menjadi persoalan bagi kebanyakan pekerja di kota maupun generasi millenial,  pekerja dikota dengan ragam aktivitas membuat mereka sering lupa jam makan, apa lagi jika ngopinya lebih sering yang akan membuat mereka merasa kenyang krn peningkatan asam lambung tentu tak peduli lagi dengan makan.

3. Olahraga yang cukup

Hal ini dapat membantu melatih fisik agar lebih kuat dan fit yang tentunya akan berpengaruh dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Tips untuk ini seimbangkan antara olah raga kardio dan beban, sesuaikan dengan umur.

4. Suplemen tambahan

Hal ini bisa  dilakukan jika merasa perlu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk pilihan suplemen yang tepat. Diluar itu jika habis makan pilihlah jus jeruk atau jeruk hangat dibanding teh, sebab kandungan tanin pada teh akan menghambat absorbsi zat besi sedangkat vit c melancarkannya, selain penting  untuk tetap menjaga tubuh menghadapi penghujan.

5. Tetap bahagia

Hal ini mungkin terdengar sepele, tapi pikiran positif yg bahagia akan berdampak besar pada kesehatan di tingkatan seluler. Seringlah mengurangi stres, alirkan hal yang buruk pada deras hujan yang jatuh, tarik napas panjang dan tatap masa depan dengan lebih baik.(*)


BACA JUGA