Atlet-atlet panjat tebing junior Sulawesi Selatan menunjukan prestasi setelah bersaing dengan atlet Pelatnas (Pelatihan Nasional) dan atlet dunia pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing 2018

Atlet Junior Tim Panjat Tebing Sulsel Catat Prestasi di Kejurnas Solo

Sabtu, 01 Desember 2018 | 01:42 Wita - Editor: Irwan Idris - Fotografer: Erik Didu - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Atlet-atlet panjat tebing junior Sulawesi Selatan menunjukan prestasi setelah bersaing dengan atlet Pelatnas (Pelatihan Nasional) dan atlet dunia pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing 2018 di Solo Sport Climbing Center, kompleks Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (30/11/2018).

Tiga atlet junior Sulsel, Alivani ver Khadijah (16 tahun), Suriani Rasyid (18 tahun) dan Syamsinar (18 tahun) mampu menembus empat besar pada kategori speed relay beregu, setelah pada babak small final, kalah waktu oleh tim DKI Jakarta yang diperkuat oleh dua atlet nasional dan peraih medali ajang Asian Games 2018 dan kompetisi panjat tebing dunia yakni Puji Lestari dan Mudji Mulyani.

pt-vale-indonesia

Meski kalah dalam catatan waktu, tapi setidaknya membuat penonton lomba panjat tebing di stadion Manahan ini bergemuruh. Karena tersaji kompetisi yang sepertinya tidak seimbang dan DKI hanya mampu menang tipis dari Sulsel.

Atlet-atlet panjat tebing junior Sulawesi Selatan menunjukan prestasi setelah bersaing dengan atlet Pelatnas dan atlet dunia Panjat Tebing

Demikian pula saat berhadapan dengan atlet panjat tebing Jawa Tengah yang keluar sebagai pemenang pada kategori ini. Jawa Tengah yang juga tuan rumah diperkuat oleh atlet dunia dan peraih medali panjat tebingĀ  di Asian Games 2018, seperti Aries Susanti Rahayu, Agustina Sari, dan Santi Welyanti.

Sebelumnya, atlet panjat tebing junior Sulsel melaju ke babak final tentu tidak mudah. Alvianti dkk harus mengalahkan waktu dari tim besar seperti Jogjakarta, Bali, Sumatera Selatan, Jawa Timur dan daerah lain yang dihuni atlit panjat tebing juara dunia.

Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sulsel Imam Subekti sangat menunjukkan apresiasi yang positif terhadap hasil yang ditorehkan oleh anak-anak muda Sulsel ini.

ke depannya, kata dia, pembinaan olahraga panjat tebing akan terus dilakukan dan sudah diprogramkan pada Pelatihan Daerah (Pelatda) untuk pebinaan yang lebih intensif dan terprogram kepada atlit Sulsel khususnya atlit junior.

“Tentunya supporting dari KONI Sulsel dan Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) Sulsel serta stakeholder lainnya di Sulsel sangat diharapkan pada lategori lain, ” ujar Imam dalam rilis FPTI Sulsel, Jumat (30/11/2018).

Selain itu, Tim Boulder Putri Panjat Tebing Sulsel juga mampu menunjukkan semangatnya dan prestasi yang luar biasa. Alivani, Suryani, Syamsinar dan Syahrani kembali menyodok tim-tim besar lainnya dengan melaju ke babak final bersaing dengan atlit-atlit panjat tebing pelatnas dan international.(*)


BACA JUGA