Kepala Dinas Kominfo SP

Kominfo SP Gagas Smart Office, Persuratan Pemprov Sulsel Cukup Lewat Android

Sabtu, 01 Desember 2018 | 10:37 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfo) SP Sulsel kembali membuat gebrakan di 100 hari pertama kepemimpinan Gubernur Prof Nurdin Abdullah dan Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

Sukses dengan Baruga Sulsel, Kominfo SP kembali menghadirkan program Smart Office. Kepala Dinas Kominfo SP, Andi Hasdullah menjelaskan program ini akan diluncurkan Senin pekan depan. Jadi, instansinya membuat aplikasi bernama Smart Office berisi layanan persuratan lewat digital alias dunia maya.

pt-vale-indonesia

Andi Hasdullah mengemukakan aplikasi berbasis android ini memudahkan kerja-kerja persuratan secara manual yang selama ini cukup memakan waktu dan tenaga.

“Jadi melalui aplikasi itu, Pak Gubernur, Wagub, Kadis, semua pejabat bisa mendisposisi surat dimanapun saja, hanya dengan menggunakan hape androidnya. Tidak harus di kantor,” kata Andi Hasdullah, Jumat (30/11) kemarin.

Lebih jauh dikemukakan, dengan kehadiran smart office ini, Pemprov Sulsel bisa menghemat anggaran cukup besar. “Yang tadinya persuratan harus menggunakan kertas, sekarang via android. Tidak perlu diantar ke sana kemari,” jelasnya.

Diapun meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel tidak perlu membuat aplikasi sejenis karena Kominfo SP sudah membuat model yang sudah terintegrasi ke seluruh OPD.

Saat aplikasi ini diluncurkan Senin pekan depan, rencananya Diskominfo SP juga akan melakukan pelatihan tata cara penggunaan aplikasi ini kepada operator perwakilan di OPD.

“Diharapkan, setelah launching, sekitar sebulan trial and error, aplikasi ini sudah efektif berlaku,” tambahnya.

Pada sistem server aplikasi ini, sudah tersimpan arsip surat. Tinggal dibuka kodenya lewat gawai android jika butuh melihat arsip yang sudah masuk.(*)


BACA JUGA