Empat rumah mengalami kerusakan akibat disapu angin Puting Beliung yang melanda kawasan pemukiman di Desa Salemba Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba, Rabu (12/12/2018) siang/Asmaun/Gosulsel.com
#

Empat Rumah Warga Rusak Diterjang Puting Beliung, BPBD Siaga di Lokasi Bencana

Rabu, 12 Desember 2018 | 18:54 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

BUKUKUMBA, GOSULSEL.COM – Sedikitnya empat unit rumah mengalami kerusakan akibat disapu angin Puting Beliung yang melanda kawasan pemukiman di Desa Salemba Kecamatan Ujungloe Kabupaten Bulukumba, Rabu (12/12/2018) siang.

Angin yang bertiup kencang disertai hujan deras sempat membuat panik warga setempat yang beristirahat siang itu usai melakukan aktivitas di laut dan di sawahnya. 

“Kami dibuat kaget saat hujan deras mengguyur desa kami, tiba-tiba tersengat suara gemuruh. Tak berlangsung lama terdengar seng beterbangan dari rumah warga,” kata Ali warga setempat.

Sementara Data dari kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulukumba mencatat sejumlah rumah penduduk yang terbuat dari kayu berbentuk rumah panggung mengalami kerusakan dari tingkat hingga rusak berat.

“Untuk sementara data jumlah rumah yang rusak tercatat empat unit. Petugas akan terus menyisuri wilayah yang terkena Puting Beliung dan bisa saja data rumah yang rusak bertambah,” terang Kepala BPBD Bulukumba, Andi Akrim.

Dikatakan, saat ini Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Tagana BPBD masih berada di lokasi untuk mendata dan membantu warga mengevakuasi dan memperbaiki rumah penduduk yang terkena bencana.

“TRC siaga di lokasi bencana dan siap membantu masyarakat yang perlu bantuan. Petugas akan mengevakuasi sekaligus membenahi rumah warga yang rusak. Jika diperlukan, kami akan mendirikan posko,” katanya.(*)


BACA JUGA