Ilustrasi Hujan/INT

Ingin Tetap Produktif Saat Musim Hujan? Lakukan Tips Ini

Senin, 17 Desember 2018 | 12:19 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Hujan menghalangi saat beraktifitas? Itu bukan alasan bagi Anda untuk tidak produktif.

Memang sih, tidak dipungkiri bahwa hujan merupakan suatu kendala serius yang dapat menghambat seseorang untuk melakukan kegiatan, terutama mereka yang bekerja di lapangan atau outdoor. Selain itu, musim hujan juga sering menimbulkan masalah banjir, kemacetan parah dan lain sebagainya.

Namun yang pasti, kewajiban tetaplah kewajiban. Sebagai karyawan Anda tetap harus profesional dan menjalankan tugas yang sudah dipercayakan oleh atasan.

Lakukan beberapa tips di bawah ini untuk tetap produktif meskipun hujan menghalangi.



1. Berangkat Kantor Lebih Awal

Berangkat ke kantor lebih awal dari biasanya bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari segala macam kemungkinan yang akan terjadi. Misalnya saja hujan. Hujan yang turun di pagi hari sering membuat malas dan juga ngantuk. Belum lagi genangan air akan membuat jalan macet total. Dengan berangkat lebih awal Anda bisa masuk ke kantor tepat waktu dan juga bisa menghindari hujan dan macet.

2. Bawa Perlengkapan Musim Hujan

Bagi Anda yang bepergian dengan kendaraan roda dua, jangan lupa untuk selalu membawa jas hujan. Tak hanya itu, peralatan seperti payung, jaket, sepatu boots, maupun obat masuk angin penting juga untuk selalu dibawa. Dengan perlengkapan yang lengkap, hujan bukan alasan untuk tidak masuk kerja atau untuk menghadiri rapat penting.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Di musim hujan bukan hanya perlindungan dari luar yang Anda butuhkan, perlindungan dari dalam juga tak kalah pentingnya. Bekali tubuh dengan makanan bergizi agar daya tahan tetap terjaga. Mengonsumsi makanan kaya protein dapat membangun dan melindungi kekebalan tubuh dari berbagai kuman penyakit yang sering bermunculan di musim hujan.

Tak hanya itu, pola hidup bersih juga sangat perlu diperhatikan selama musim hujan. Saat tiba di kantor, cucilah tangan dan gantilah pakaian basah dengan yang kering secepat mungkin. Jangan lupa bersihkan laci dan file di kolong meja untuk mencegah sarang nyamuk.

4. Manfaatkan Teknologi

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, Anda tak perlu membatalkan janji untuk menghadiri rapat penting karena terkendala hujan. Banyak fasilitas komunikasi yang cocok untuk pekerja kantoran, misalnya WhatsApp, Skype, dan lain-lain. Skype yang dapat digunakan untuk panggilan video, misalnya, akan sangat membantu sehingga menunggu hujan reda tidak membuang waktu Anda.

5. Bekerja di Rumah

Anda bisa menerapkan cara ini bila perusahaan tempat Anda bekerja memberikan kompensasi bekerja dari rumah dalam kondisi tertentu kepada karyawannya. Daripada membuang waktu di tengah kemacetan jalan atau masalah lain yang jelas-jelas membuat Anda tidak produktif, lebih baik manfaatkan waktu bekerja langsung dari rumah saja.

Yang paling penting, di mana pun Anda berada dan dalam kondisi apa pun, tanggung jawab pekerjaan tetap harus dijalankan, termasuk dengan cara bekerja dari rumah. Bahkan ada yang percaya bahwa bekerja di rumah justru lebih produktif ketimbang harus tiba ke kantor dalam kondisi lelah karena macet atau kehujanan.(*)


BACA JUGA