Dinas Sosial Kabupaten Gowa menggelar rapat koordinasi (rakor) Da'i dan Da'iyah tingkat Kabupaten bertempat di Kawasan Wisata Kampar Panciro, Kecamatan Bajeng, Kamis (27/12/2018).

Hindari Tema Ceramah Monoton, Dinsos Gowa Bakal Susun Silabus Jum’at Ibadah

Kamis, 27 Desember 2018 | 20:17 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Dinas Sosial Kabupaten Gowa menggelar rapat koordinasi (rakor) Da’i dan Da’iyah tingkat Kabupaten bertempat di Kawasan Wisata Kampar Panciro, Kecamatan Bajeng, Kamis (27/12/2018).

Mewakili Bupati Gowa, Rakor tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol. Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Sosial Spiritual Dinsos Gowa, Najamuddin mengatakan kegiatan tersebut dihadiri 233 Da’i dan Da’iyah se Kabupaten Gowa.

Najamuddin juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sebagai ajang evaluasi bagi para Da’i dan Da’iyah sepanjang tahun 2018 ini. “Jadi kegiatan ini untuk mengevaluasi para da’i dan da’iayah Jumat Ibadah yang ada di Kabupaten Gowa,” katanya.

Lebih lanjut, Najamuddin mengatakan kompetensi Da’i dan Da’iyah akan ditingkatkan dengan rencana pembuatan silabus terkait materi Jumat Ibadah yang harus diceramahkan setiap bulannya. Hal itu dilakukan untuk menyeragamkan materi ceramah Jumat Ibadah.

“Ini bagaimana Jumat Ibadah ini agar mempunyai silabus. Jadi ada kesepakan silabus-silabus, misalnya Jumat pertama ini atau bulan ini, ini materinya. Ini untuk menyeragamkan materi ceramah setiap Jumat Ibadah satu bulan itu,” lanjutnya.

Najamuddin juga menyebutkan bahwa pembuatan silabus tersebut agar para Da’i dan Da’iyah dalam memberikan materi tidak monoton dengan satu judul ceramah saja.

“Dengan adanya materi yang ditetapkan ini otomatis penceramah akan membuka beberapa literatur seperti buku untuk mencari materi yang berkaitan dengan judul yang disiapkan. Karena ada biasa peceramah materi ini dia bawakan di masjid ini dan begitupun di masjid lain ituji lagi materinya,” tambahnya.

Untuk menindak lanjuti rencana pembuatan silabus tersebut Dinsos Gowa akan membentuk tim penyusun materi ceramah yang dibawakan oleh Da’i dan Da’iyah setiap pelaksanaan Jumat Ibadah.

“Nanti kami rencana membentuk tim kecil untuk mempertajam apa yang menjadi materi dengan melibatkan beberapa orang yang berkomptensi yang bisa untuk menyusun silabus tersebut,” tutupnya.(*)


BACA JUGA