pengamatan peta satelit BMKG Sulsel mengamati beberapa titik yang akan mengalami curah hujan sangat lebat

BMKG Sulsel Ingatkan Cuaca Ektrem, Ini Daerah yang Harus Waspada

Jumat, 28 Desember 2018 | 14:49 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsis Sulawesi Selatan mengingatkan masyarakat Sulsel agar tetap waspada. Pasalnya sejumlah daerah di Sulsel berpotensi hujan sangat lebat.

Kepala sub bidang pelayanan Jasa BMKG Sulsel, Siswanto, menyebutkan bahwa yang berpotensi hujan dengan intensitas sangat lebat yaitu wilayah selat Makassar Bagian Barat, meliputi Kota Makassar, Maros, Pangkep, Barru Pinrang dan Parepare, Soppeng dan Sidrap

“Kondisi awan memang saat ini berkonsetrasi di Selat Makassar bagian barat , beberapa daerah curah hujan ekstrim tinggi dengan intensitas sangat lebat, daerah yang harus di waspadai terutama meliputi Kota Makassar, Maros, Pangkep, Barru, Pinrang, Parepare, Soppeng dan Sidrap,” jelas Siswanto.

Ia juga mencatat rekap hujan di Kota Makassar yang tercatat pukul 07.00 WITA, Stasiun Meteorologi Maritim Paotere 140,3 mm, Stasiun Meteorologi Hasanuddin 117,4 mm, Stasiun Klimatologi Maros 104,0 mm, Stasiun Geofisika Gowa 139,0 mm, Kantor BBMKG Wilayah IV Makassar Panaikang 109,0 mm.

Selain itu, Siswanto juga mengingatkan para nelayan untuk tidak melaut. Diperkirakan untuk tanggal 28-29 Desember gelombang tinggi terjadi di perairan selayar dan laut flores 2.5 hingga 4.0 meter dan Gelombang 1.25-2.5 m terjadi di Selat Makassar bagian selatan, Perairan barat Sulawesi Selatan, Perairan Kepulauan Sabalana, Perairan Kepulauan Selayar, Teluk Bone bagian utara dan Teluk Bone bagian selatan.

“Yang tidak kalah penting terutama adalah gelombang laut yg tanggal 28-29 Desember 2018 Rough Sea gelombang 2.5-4.0 m terjadi di Laut Flores. Berbahaya untuk nelayan kecil maupun aktifitas melaut lainnya,” tambahnya.


BACA JUGA