Lemo Toraja, Jum'at (28/12/2018)

Destinasi Wisata Lemo di Toraja, Favorit Pelancong Asal Eropa

Jumat, 28 Desember 2018 | 17:38 Wita - Editor: Irwan Idris -

TORAJA, GOSULSEL.COM – Destinasi wisata Lemo di Kabupaten Toraja tak pernah sepi dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, keramaian itu makin terlihat kala perayaan Lovely December, Jumat (28/12/2018).

Di wisata Lemo, pengunjung dapat menyaksikan gunung batu yang dijadikan sebagai tempat pemakaman. Batu-batu itu dipahat terlebih dahulu untuk membuat lubang penyimpanan jenazah.

Bangalimo, pengawas tempat wisata Lemo ini menerangkan bahwa kuburan dalam batu itu, merupakan kuburan dari salah satu rumpun keluarga bangsawan. Meski tidak dijelaskan siapa nama orang pertama yang dimakamkan di sana.

“Semua yang tertanam ke dalam Batu di kawasan Lemo ini adalah keturunan bangsawan dan satu rumpun keluarga juga,” terang Bangalino.



Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), mengatakan, destinasi wisata Lemo ini merupakan salah satu tujuan favorit para pelancong mancanegara, khususnya eropa.

“Ini merupakan pelestarian wisata sejarah kebudayaan penguburan di gunung batu. Dan target pasar kita adalah para wisatawan Eropa. Sebab wisatawan dari Eropa itu sukanya tempat-tempat wisata yang menyimpan catatan-catatan sejarah yang menarik untuk dieksplorasi,” tutur Wibowo Sayuti, staf Disbudpar Sulsel.

Wibowo mengatakan, ada perbedaan antara wisatawan eropa dan asia saat berkunjung ke Sulawesi Selatan.

“Dan berbeda dengan wisatawan asia, mereka itu sukanya yang wisata-wisata panorama, seperti di Rammang-rammang Maros, dan Bira di Bulukumba,” jelasnya.(*)

(Reporter Go Cakrawala: Aji Sukman)


BACA JUGA