Pemerintah Kabupaten Gowa menggelar Pencerahan Qalbu Jumat Ibadah di Baruga Karaeng Galesong, Jumat (04/01/2019) pagi.

Jumat Ibadah Pertama Tahun 2019, Pemkab Gowa Hadirkan Wakil Dekan III FSH UIN Makassar

Jumat, 04 Januari 2019 | 14:57 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten Gowa menggelar Pencerahan Qalbu Jumat Ibadah di Baruga Karaeng Galesong, Jumat (04/01/2019) pagi. Pencerahan Qalbu rersebut merupakan yang pertama di tahun 2019.

Hadir sebagai penceramah Ustadz Dr. H. Muh. Saleh Ridwan, M.Ag yang juga merupakan Dosen Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar ini banyak berbicara tentang muhasabah atau introspeksi diri.

“Sabda Rasulullah SAW bahwa Barang siapa hari ini sama dengan hari kemarin maka termasuk Merugi. Barangsiapa hari ini buruk dari hari kemarin maka termasuk teraniaya. Barangsiapa hari ini lebih baik dari hari kemarin maka termasuk beruntung,” kata Muh Saleh Ridwan dalam ceramahnya.

Selain itu, Muh Saleh Ridwan yang juga Wakil Dekan III Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin tersebut juga menyebutkan bahwa bencana dan musibah bisa jadi ujian, peringatan, dan azab.



Pemerintah Kabupaten Gowa menggelar Pencerahan Qalbu Jumat Ibadah di Baruga Karaeng Galesong, Jumat (04/01/2019) pagi.

“Sabda Rasulullah SAW bahwa bencana atau musibah bisa merupakan ujian, peringatan dan azab,” tambahnya.

Kepala Bidang Pembinaan Sosial Spiritual Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Najamuddin mengatakan tema muhasabah tersebut diangkat sebagai bahan untuk introspeksi diri dari tahun sebelumnya menuju awal tahun 2019.

“Sebagai permulaan awal tahun, supaya kita bisa mengintropeksi diri bahwa kita termasuk di bagian mana dan semoga ke depannya kita lebih  baik,” katanya.

Pelakasanaan Pencerahan Qalbu Jumat Ibadah pertama di tahun 2019 tersebut dihadiri Wakil Bupati Gowa H. Abdul Rauf Malaganni, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol dan sejumlah pejabat, staf dan pegawai pemkab Gowa.(*)


BACA JUGA