Kepala Bappeda, Jufri Rahman menandatangani pakta integritas anti korupsi, Jum'at (04/01/2019)/Mirsan/GOSULSEL.COM

Perang Lawan Korupsi, Kepala Bappeda Sulsel Tanda Tangani Pakta Integritas

Jumat, 04 Januari 2019 | 14:04 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) menjadi salah satu masalah terbesar dalam sistem pemerintahan dan birokrasi. Untuk melawan perilaku ini, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulsel melakukan penandatanganan pakta integritas.

Kegiatan ini dilakukan di Ruang Rapat Kantor Bappeda Sulsel, Jum’at (4/1/2019). Kepala Bappeda, Jufri Rahman bersama kepala bidang menjadi orang pertama yang melakukan penandatanganan.

Ada beberapa poin penting dalam pakta integritas ini. Mulai dari berperan secara aktif dalam pemberantasan KKN dan perbuatan tercela lainnya. Tidak menerima uang atau barang, baik langsung maupun tidak langsung yang bertentangan dengan aturan.

Poin berikutnya adalah bersikap transparan dan akuntabel dalam bertugas serta menghindari konflik interes. Sebagai abdi negara, wajib memberikan contoh dalam pelaksanaan aturan terutama Undang-undang.



Loyal kepada pimpinan, termasuk memberikan dukungan kepada Gubernur dan Wagub Sulsel dalam menjalankan roda pemerintahan. Yang terakhir menyampaikan informasi jika terjadi penyimpangan dan melindungi saksi yang memberikan laporan.

“Harus kita sadari yang kita kerjakan adalah amanah. Uang yang dikelola ini, bukan uang nenek moyang atau warisan. Tapi harus digunakan sepenuhnya untuk kepentingan masyarakat,” kata Jufri.

Jufri berharap penandatanganan integritas ini bukan hanya seremonial belaka. Dia menekankan setiap urusan di Bappeda, kalau bisa dipermudah jangan dipersulit.(*)


BACA JUGA