Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sinjai melakukan kunjungan kerja ke Sekretariat Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Jalan AP Pettarani, Selasa (8/1/2019)

DPRD Sinjai Bertandang ke Bapenda Sulsel, Bahas Soal Dana Bagi Hasil

Selasa, 08 Januari 2019 | 21:51 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sinjai melakukan kunjungan kerja ke Sekretariat Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Jalan AP Pettarani, Selasa (8/1/2019).

Fitrawati A. Fajar yang memimpin rombongan mengatakan, kunjungan tersebut dilakukan untuk mengetahui jumlah Dana Bagi Hasil (DBH) yang diterima Pemkab Sinjai pada tahun 2018 dan membahas potensi pajak baru di Sinjai.

Anggota DPRD Kabupaten Sinjai diterima oleh Sekretaris Bapenda Sulsel, Kemal Redindo Syahrul Putra didampingi Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan Masbit Taufiek yang juga pernah menjadi Kepala UPT Pendapatan Wilayah Sinjai dan sejumlah staf juga hadir dalam pertemuan tersebut.

“Kami ingin mengetahui jumlah DBH Pemkab Sinjai dan juga ingin menyampaikan sumber pajak air permukaan (PAP) yang baru. Ada beberapa pembangkit listrik tenaga air di Sinjai yang kemungkinan belum tertagih pajak air permukaannya,” kata Fitra.

Sementara itu, menurut Kemal, hingga November 2018, Pemkab Sinjai mendapatkan total DBH sebesar Rp 37,2 miliar. Sementara DBH Desember 2018 belum dapat diberikan karena masih dalam proses rekapitulasi dan rekonsiliasi data.

Agar DBH Sinjai meningkat, Kemal meminta kepada DPRD Sinjai untuk membantu dan memfasilitasi penagihan kendaraan menunggak pajak di Sinjai, baik kendaraan umum maupun kendaraan dinas.

Ia juga menyarankan agar pemerintah Sinjai mensosialisasikan kepada warga untuk membeli kendaraan baru di Sinjai dan membeli bahan bakar di Sinjai. Hal ini akan meningkatkan DBH Sinjai dari pajak penjualan bahan bakar dan dari bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB).(*)


BACA JUGA