Rapat Koordinasi Program Kota Sehat Pemerintah Kota Makassar di Ruang Sipakatau, Kantor Balai Kota, Jl. Ahmad Yani Makassar. Rabu (9/1/2019)

Target Swasti Saba Wistara, Kepala Bappeda Makassar Harapkan SKPD Perhatikan Tatanan Kota Sehat

Rabu, 09 Januari 2019 | 16:58 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar kembali bertekad untuk mempertahankan penghargaan Swasti Saba Wistara untuk kelima kalinya.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan agar program Kota Sehat dapat menjadi perhatian penuh para SKPD Kota Makassar.

“Program kota sehat adalah tercapainya kondisi kota yang sehat, bersih, nyaman, aman yang dihuni sebagai tempat bekerja bagi warga dalam meningkatkan sarana dan prasarana perekonomian,” jelas Kepala Bappeda Kota Makassar, Khadijah Iriani dalam Rapat Koordinasi Program Kota Sehat Pemerintah Kota Makassar di Ruang Sipakatau, Kantor Balai Kota, Jl. Ahmad Yani Makassar, Rabu (9/1/2019).

Menurut Iriani, penghargaan untuk program kota sehat di Makassar telah diperoleh sebanyak empat kali berturut turut. Penghargaan Swasti Saba Wistara yang diadakan dua kali setahun ini diperoleh Pemkot Makassar sejak tahun 2011.



“Selanjutnya di tahun 2011 sampai tahun 2017, kita telah melaksanakan enam tatanan yaitu kawasan kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, kawasan pariwisata sehat, kawasan pemukiman sarana dan prasarana umum, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan lalulintas tertib dan layanan transportasi, serta kawasan kehidupan sosial yang sehat,” jelas Iriani.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk memperoleh penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wistara yang kelima kalinya, seluruh penduduk kota Makassar harus akses sanitasi atau jamban layak 100 persen per 30 Maret 2019.

“Tentu kami sangat berharap bagi kepala SKPD menjadi perhatian kita semua agar Swasti Saba Wistara kelima kalinya di tahun 2019 ini,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA