ilustrasi sampah plastik

Danny Pomanto: Penggunaan Kantong Plastik Tak Dilarang, Tapi Dikendalikan

Minggu, 13 Januari 2019 | 12:28 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM–Larangan penggunaan kantong plastik di sejumlah wilayah di Indonesia mulai diberlakukan, termasuk di DKI Jakarta. Di Makassar, pelarangan kantong tidak dilarang, melainkan lebih kepada pengendalian sampah.

Hal ini diungkapkan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto. Menurutnya, pelarangan kantong plastik di berbagai daerah karena tidak adanya penampungan sampah seperti yang dimiliki Kota Makassar.

“Kita lebih ke pengendalian kantong plastik, karena tempat tempat yang dilarang, memang mereka tidak punya bank sampah seperti kita,” jelas Danny. Minggu (13/1/2019)

Pengendalian kantong plastik, kata Danny, yakni kantong kantong bekas pakai masyarakat yang tidak dibuang di sembarang tempat, seperti di sungai atau di kanal. Sebab, Pemerintah Kota Makassar telah menyediakan bank sampah guna menampung sampah yang sulit dihancurkan.



“Kita punya bank sampah. Kantong plastik itu tidak boleh dibuang di air, tidak boleh dibuang di sembarang tempat. Kalau di buang di sembarang tempat bank sampah kita akan mati,” ujarnya.

Selain itu, Danny juga mengimbau masyarakat untuk membatasi penggunaan kantong plastik di supermarket. Hal ini sebagai salah satu cara untuk meminimalisir banyaknya sampah sampah plastik yang dibuang.

“Untuk plastik di supermarket itu juga mesti dibatasi dan lebih dikendalikan,” pungkasnya. (*)


BACA JUGA