Direktur YPN, Saharuddin Ridwan.

Bank Sampah Terus Berjalan, Upaya YPN Sulap Sampah Jadi Cuan

Kamis, 25 Februari 2021 | 16:14 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Yayasan Peduli Negeri (YPN) terus bergerak. Sebagai lembaga yang berfokus dalam penanganan sampah, pihaknya berupaya mengurai volume sampah yang kian banyak.

Melalui bank sampah, YPN melibatkan masyarakat dalam mengurai sampah. Mereka bisa menghasilkan uang dengan hanya cukup mengumpulkan sampah.

Pandemi Covid-19 yang masih melanda, tak menyurutkan pihaknya untuk terus bekerja. Kini, ada 390 bank sampah yang masih aktif dari total 800.

Dijelaskan Direktur YPN, Saharuddin Ridwan, masyakarat begitu antusias dalam mengikuti program bank sampah ini. Apalagi di tahun sebelumnya, pihaknya sukses meraup Rp1 Miliar.

“Tahun lalu reduksi sampah tahun 2020 sekitar 800 ton dengan perputaran uang sekitar Rp1 Milliar lebih. Jumlah nasabah bank sampah saat ini sekitar 25 ribu masyarakat,” jelasnya, Kamis (25/02/2021).

Tak hanya itu, YPN, dikatakan Sahar, berupaya mengurai sampah dengan melakukan berbagai cara. Salah satunya ialah pengelohan teknologi tepat guna.

“Sistem Black Soldier Fly (BSF). Di mana binatang yang bernama maggot mengolah sampah organik sisa makanan menjadi kompos,” kata Direktur Operasional (Dirops) PD Pasar Makassar Raya ini.

Demi berjalan lancar program YPN, Sahar mengaku jika pihaknya juga menggandeng pihak lain. Terbaru, hibah alat bantuan pengurai sampah ditunggunya dari Korea.

“Pihak kami masih menunggu pemasangan alat bantuan dari hibah korea yang ada saat ini di Pacerakkang. Nantinya akan mampu mengolah 1 sampai 2 ton sampah,” tutup Sahar. (*)


BACA JUGA