Rapat Bawaslu Maros bersama Panwascam
#

Bawaslu Maros Rapat Dengan Panwascam, Ini Dibahas

Minggu, 20 Januari 2019 | 13:10 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS,GOSULSEL.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Maros, menggelar rapat di ruang media centre Bawaslu Maros, Jalan gladiol 15, Kelurahan Pettuadae, Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros, Minggu (20/1/2019)

Hadir dalam rapat, Anggota Bawaslu Maros Bidang Pencegahan, Muh. Gazali Hadiz, Anggota Bawaslu Bidang Penindakan Pelanggaran Pemilu, Amiruddin, Kepala Sekretariat Asri said, serta Pimpinan dan Anggota Panwascam dari empat belas kecamatan di Kabupaten Maros.

Dalam arahannya, Ketua Bawaslu Maros, Sufirman, meminta Panwascam menyelesaikan pekerjaan yang masih tertunda di Tahun 2018 lalu, serta dapat terus menjaga integritas dan tidak melakukan tindakan yang dapat melanggar aturan dan hukum yang ada.

“Setiap ada kasus pelanggaran, tolong untuk menjaga kerahasian hingga dilakukan rapat pleno di tingkat kecamatan.” harapnya.



Ketua Bawaslu Maros juga meminta seluruh anggota Panwascam untuk terus menjalin kemitraan dengan semua pihak termasuk partai peserta pemilu, instansi pemerintah dan masyarakat agar lebih mudah bekerja.

Pada Sesi II, Anggota Bawaslu Divisi Pencegahan, Muh. Gazali Hadiz, memaparkan terkait alur proses investigasi di lapangan ketika menemukan adanya indikasi pelanggaran pemilu.

“Ada indikasi bahwa Panwascam tidak berani melakukan penindakan pelanggaran karena pelanggaran itu dilakukan oleh orang-orang berpengaruh.” katanya.

Untuk itu ia meminta kepada seluruh anggota Panwascam untuk tidak ragu dalm bertindak karena selama dalam koridor aturan anggota Panwascam dilindungi oleh aturan dan Undang-undang.

“Fokus kita pada pelanggaran Politik uang, Netralitas ASN dan perangkat desa, serta ujaran kebencian berbau SARA dan Hoax.”lanjutnya.

Sementara Anggota Bawaslu Bidang Penindakan Pelanggaran Pemilu, Amiruddin, di Sesi III , yang membahas terkait rekap investigasi dan alur penanganan pelanggaran Pemilu, meminta penjelasan kepada Anggota Panwascam yang tidak menampilkan grafik investigasi pelanggaran dan berkas investigasi.

Pada rapat koordinasi kali ini disimpulkan bahwa anggota Panwascam harus lebih disiplin dalam bekerja dan memiliki mental yang kuat dalam melaksanakan pengawasan, bertindak sesuai SOP dan regulasi yang telah ditetapkan dan menjaga integritas dan netralitas dalam menjalankan tugas pengawasan.


BACA JUGA