Hujan lebat/INT

BMKG Sulsel: Waspada Cuaca Ekstrem di Watansoppeng, Pare – pare hingga Sinjai

Selasa, 22 Januari 2019 | 07:38 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Selatan mengingatkan untuk waspada cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang di wilayah Sulsel termasuk Gowa dan Makassar, Selasa (22/1/2019).

BMKG Sulsel menyebut beberapa wilayah di bagian utara Sulsel diprakirakan merasakan angin kencang dan hujan lebat seperti Barru, Pangkajene, Pare-pare, hingga Watansoppeng.

Sedangkan di bagian selatan Sulsel,    mulai dari Kota Makassar, Maros, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, hingga Sinjai diprediksi juga diguyur hujan lebat dan angin kencang.

“Waspada hujan lebat dan angin kencang di wilayah Barru, Pangkajene, Pare-Pare, Watansoppeng, Sungguminasa, Makassar, Maros, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Sinjai,” ungkap Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa BMKG Sulsel, Siswanto.

Cuaca ekstrem tersebut diprediksi akan terjadi hingga dini hari besok. Seperti pagi hari ini hujan ringan dan berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Barru, Pangkajene, Pare-Pare, Watansoppeng, Sungguminasa, Makassar, Maros, Takalar. Kecuali berawan di wilayah Masamba, Palopo, Makale, Belopa, Rantepao dan Bulukumba.

Siang dan sore hari juga hujan ringan dan berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Barru, Pangkajene, Pare-Pare, Watansoppeng, Sungguminasa, Makassar, Maros, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Sinjai.  Kecuali berawan di wilayah Masamba, Palopo dan  Rantepao .

Malam hari hujan ringan dan berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Barru, Pangkajene, Pare-Pare, Watansoppeng, Sungguminasa, Makassar, Maros, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Sinjai.  Kecuali berawan di wilayah Masamba, Palopo dan Rantepao.

Dini hari besok hujan ringan dan berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Sungguminasa, Makassar, Maros, Takalar, Jeneponto dan Bantaeng.  Kecuali berawan di wilayah Masamba, Palopo dan Malili.

Suhu udara: 19 – 30°C, kelembapan udara: 70 – 98 persen, kecepatan angin: Barat Daya – Barat Laut/
10 – 40 km/jam.

Selain hujan lebat dan angin kencang, BMKG juga mengingatkan untuk waspada gelombang tinggi di perairan Sulsel. Moderate Sea Gelombang 1.25-2.5 m terjadi di  Perairan barat Sulawesi Selatan, Perairan Kepulauan Sabalana, Perairan Kepulauan Selayar, Teluk Bone bagian selatan, dan Laut Flores. Rough Sea gelombang 2.5-4.0 m terjadi di Selat Makassar bagian selatan.(*)


BACA JUGA