Pertamina

Salurkan Rp11,7 Miliar, Pertamina Gandeng IMA Dampingi UMKM

Selasa, 22 Januari 2019 | 19:23 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM) menargetkan pertumbuhan Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) baru pada 2019 sebesar 5 persen dari jumlah penduduk. Angka ini meningkat dari tahun lalu sebesar 4 persen.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII, M. Roby Hervindo mengatakan, untuk mencapainya, diperlukan perluasan akses permodalan dan pendampingan bisnis bagi wirausaha UMKM. Ia menjelaskan bahwa Pertamina mendukung akses permodalan UMKM melalui Program Kemitraan (PK).

pt-vale-indonesia

“Tahun lalu kami salurkan total Rp11,7 miliar bagi mitra binaan di Sulawesi. Realisasi tersebut melebihi target yang  ditetapkan perusahaan sebesar Rp10 miliar. Khusus UMKM di Sulawesi Selatan, disalurkan sebesar Rp8,5 miliar,” ujarnya, Selasa (22/1/2019).

Sementara untuk mendampingi mitra binaan meningkatkan bisnisnya, Pertamina MOR VII menggandeng Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Makassar. 

“Melalui program Pembinaan dan Pendampingan UMKM Binaan Pertamina yang diinisiasi pada Oktober 2018. Saat ini, program memasuki tahap pemantapan manajemen usaha,” jelasnya.(*)


BACA JUGA