Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu melantik dan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Relawan Demokrasi (Relasi) di Aula KPU Luwu, Jalan Pemilu, Kecamatan Belopa, Kamis (24/1/2019).
#

Lantik Relawan Demokrasi, KPU Luwu Harap Peran Maksimal Sosialisasi ke Pemilih

Kamis, 24 Januari 2019 | 20:54 Wita - Editor: Irwan Idris - Kontributor: Eki Dalle - Gosulsel.com

LUWU, GOSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu melantik dan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Relawan Demokrasi (Relasi) di Aula KPU Luwu, Jalan Pemilu, Kecamatan Belopa, Kamis (24/1/2019).

Sebanyak 55 orang Relawan Demokrasi yang dinyatakan lulus beberapa waktu lalu dan juga telah dibagi berdasarkan 10 basis pemilih, kesemuanya tersebar di 22 kecamatan se-kabupaten Luwu.

Untuk diketahui Relawan Demokrasi adalah mitra KPU dalam menjalankan program sosialisasi dan pendidikan kepada pemilih.

Menurut Komisioner KPU Luwu Divisi SDM dan Parmas, Abdul Thayyib Wahid Ramli bahwa Relasi bertujuan untuk mendorong sekaligus meningkatkan partisipasi pemilih dalam penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Luwu.



“Selain untuk meningkatkan partisipasi pemilih, di Luwu kami tekankan Sosialisasi yang berkualitas, kami mau pemilih di Luwu ini lebih cerdas dalam memilih, salah satunya menolak money politic”, ungkap Abdul Thayyib.

Lebih lanjut, agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih yang dimaksud akan menyasar pada 10 basis pemilih strategis, sesuai Juknis Relasi dari KPU RI.

“Ada 10 Basis Pemilih yaitu basis Keluarga, Pemilih Pemula, Marginal, Berkebutuhan Khusus, Muda, Warga Internet, Perempuan, Komunitas, Keagamaan, serta Disabilitas”, Jelasnya kepada¬†Gosulsel.com.

“Kita berharap ada peningkatan yang signifikan pada Pemilu 2019. Dimana target nasional adalah 77,5 persen, belajar dari Pilkada serentak yang Lalu, KPU Luwu berhasil meraih partisipasi yang cemerlang yakni 78 persen,” tutupnya sambil tersenyum.

Bimtek akan berlangsung hingga besok 25/01, Relasi akan diberikan bahan materi kerjanya, dimana sosialisasi akan dilaksanakan selama 3 bulan kedepan mulai februari hingga April, Relasi ini juga diberikan rencana kerja tindak lanjut, untuk dilaksanakan dan dilaporkan kepada KPU Luwu tiap minggunya.(*)


BACA JUGA