Deng Ical didampingi Tim PMI Kota Makassar mengunjungi korban banjir di Kampung Baru dan Blok 8 Antang, Kecamatan Manggala

Pulihkan Psikososial, Deng Ical Bercanda Bersama Korban Banjir di Antang

Sabtu, 26 Januari 2019 | 18:30 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Deng Ical didampingi Tim PMI Kota Makassar, memastikan pemulihan psikososial masyarakat korban banjir.

Bersama warga, ibu-ibu dan anak-anak di posko banjir, di dua titik yakni Kampung Baru dan Blok 8 Antang, Kecamatan Manggala, Deng Ical mencoba mendengarkan keluhan masyarakat, serta bercanda gurau bersama.

pt-vale-indonesia

“Setelah memastikan kebutuhan dasar terkait makanan dan kesehatan terpenuhi, hal yang harus dilakukan yakni memastikan kepulihan kondisi psikososial mereka,” ujar Deng Ical, Sabtu (26/1/2019).

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah psikososial masyarakat seperti meminimalkan paparan media yang memberitakan tentang bencana atau peristiwa, memberikan dukungan, dengan menunjukkan bahwa kita peduli dan berempati, memberi donasi dalam bentuk pangan, sandang, dan papan, mengajak korban untuk bermain dan bersenda gurau agar meringankan tekanan traumatis, dan mendengarkan cerita mereka jika mereka bersedia menceritakan.

Saat bercengkrama bersama, nampak kebahagiaan dan senyum di wajah ibu-ibu dan anak-anak yang tengah bermain, beberapa warga pun terlihat membersihkan rumah mereka.

“Yang penting sehat-sehat jaki’ semua toh,” ujar Deng Ical.

“Iye, alhamdulillah sehat-sehat ji daeng, ini tommi rejeki ta’ disini setiap tahun,” ujar ibu-ibu kompleks.(*)


BACA JUGA