Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL, didampingi Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga, memberikan penghargaan kepada 15 personil yang tergabung dalam tim K9 di Aula Mapolres Gowa, Senin (4/2/2019)

Apresiasi Kerja Evakuasi Bencananya, 15 Personil Tim K9 Dapat Penghargaan dari Bupati Gowa

Senin, 04 Februari 2019 | 21:46 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL memberikan penghargaan kepada 15 personil yang tergabung dalam tim K9 di Aula Mapolres Gowa, Senin (4/2/2019). 15 personil yang mendapat penghargaan 10 dari Mabes Polri dan 5 di antaranya dari Polda Sulsel.

Adnan dalam sambutannya mengatakan bahwa penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Kabupaten Gowa kepada kinerja yang dilakukan oleh Tim terpadu salah satunya ada tim K9 yang memberikan bantuan anjing pelacak untuk mencari korban bencana alam.

pt-vale-indonesia

Atas dasar inilah orang nomor satu di Gowa ini memberikan penghargaan kepada 15 personil Bantis Pelacakan Tim Kinain (K9) SAR lingkup Ditpolsatwa Korsabhara Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Mabes Polri dan Unit Pol Satwa Ditsamapta Polda Sulsel.

“Pemberian penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada Tim K9 yang selama proses evakuasi telah membantu kami menemukan korban akibat longsor. Baik di Kecamatan Manuju maupun Kecamatan Bungaya,” ungkap Adnan.

Adnan menyebutkan bahwa berdasarkan laporan tim evakuasi berkat bantuan Tim K9 dan kinerja penuh anggota lainnya berhasil mengevakuasi 21 korban longsor dari 22 korban yang diduga hilang di Dusun Pattiro, Desa Pattallikang, Kecamatan Manuju. Begitu pun di Kecamatan Bungaya hampir seluruh korban berhasil ditemukan.

“Atas kerja keras inilah, maka kami menganggap sudah pantaslah diberikan penghargaan sebagai bentuk terimakasih atas dedikasi, tenaga dan perhatiannya kepada pemerintah kabupaten dan masyarakat dalam penanganan bencana dan evakuasi korban,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga menyampaikan apresiasinya atas penghargaan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Gowa kepada anggota kepolisian khususnya anggota Tim K9 dalam membantu evakuasi korban.

“Ini bentuk semangat dari Bapak Bupati Gowa langsung yang telah mengapresiasi kerja-kerja para anggota di lapangan yang telah allout,” ujar Shinto Siliotonga.

Berikut 15 personil yang menerima penghargaan yaitu Kanit Satwa AKP Muh. Haris, Panit II Subdencakum II Ipda Erasmus Hermi Talaperuw, BA Pawang Bripka Mau Sahid, BA Pawang Brigadir Hasan Musa S. Lumba, BA Pawang Brigadir Andes Firdaus Purba, dan BA Pawang Brigadir Fernando F.H.

Kemudian, BA Subditlat Brigadir Muliono, BA Pawang Bripda I Ketut Mertayasa, BA Pawang Bripda Jhona Harianda Siahaan, BA Pawang Bripda Paulus Mejer Lonteng, BA Pawang Bripda A. Agung Adi Putra Sanjaya, BA Unit Cakkal Bripka Deryanto Datuan T, Unit Cakkal Bripka Febriar Tofan, Unit Cakkal Bripda Albert Ade Saputra, dan Unit Cakkal Bripda Ade Putra BP

Hingga saat ini ada 56 korban yang berhasil ditemukan sejak terjadinya bencana baik banjir maupun longsor. Untuk tahap evakuasi pencarian yang dilakukan Tim K9 telah diberhentikan sejak Senin (4/2) hari ini dan para anggota telah ditarik, sementara khusus untuk tim penanganan masa pencarian akan dilakukan hingga Selasa (5/2) besok sesuai dengan SK Tanggap Darurat yang dikeluarkan Pemkab Gowa.(*)


BACA JUGA